Sukses

Wanita Bisa Menahan Pipis Hingga 6 Jam, Bahayakah?

Dibandingkan pria, wanita bisa menahan pipis selama enam jam. Bahaya atau tidak?

Liputan6.com, Jakarta Dibanding pria rupanya wanita lebih sering menahan pipis. Biasanya dalam kondisi tertentu seperti terjebak macet atau sibuk menyelesaikan pekerjaan di kantor, wanita sering kali sengaja menahan pipis hingga berjam-jam.

Benjamin Brucker, M.D., asisten profesor urologi di NYU Langone Medical Center mengatakan, setiap orang memang memiliki kapasitas tertentu untuk menahan urinnya. Bahkan pada wanita bisa menahan pipis hingga enam jam lamanya.

"Sebagian besar wanita dapat menahan pipis selama tiga sampai enam jam, tapi ini bervariasi tergantung berapa banyak urine dan status hidrasi seseorang," kata Brucker.

Jika asupan cairan banyak maka jumlah urin yang dikeluarkan juga akan sebanding. Brucker juga menjelaskan fungsi kapasitas kandung kemih yang berbeda pada setiap wanita juga mempengaruhi berapa lama wanita dapat menahan pipis.

Meski begitu, buang air kecil seharunya dilakukan dengan segera. Brucker mengingatkan agar setiap wanita tidak menahan pipis apalagi sampai timbul rasa sakit di bagian perut atau organ intimnya. Sebab hal itu bisa menimbulkan rasa kram dan masalah pada saluran kencing lainnya.

"Tidak ada komplikasi spesifik yang melanda Anda jika sering menahan pipis, tapi kemungkinan besar Anda bisa terkena infeksi saluran kencing," ujar Brucker dikutip dari Women's Health, Minggu (22/4/2017).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini