Sukses

Manfaat Zumba pada Lansia

Zumba juga bermanfaat bagi lansia.

Liputan6.com, Amerika Serikat Zumba, olahraga yang membakar kalori berbasis tarian ini tidak hanya bagus untuk kaum muda. Olahraga ini juga ideal untuk orang lanjut usia (lansia), menurut sebuah studi baru yang disponsori American Council on Exercise.

Dalam studi tersebut, 16 pria dan wanita sehat dengan rata-rata usia 63 tahun memakai alat pelacak biometrik. Mereka mengambil kelas selama 45 menit bernama Zumba Gold--versi Zumba yang dirancang untuk para manula, ditulis Time, Sabtu (22/4/2017).

Para peneliti ingin mengetahui, apakah Zumba Gold dapat meningkatkan kebugaran kardiorespirasi-- fungsi sistem jantung, paru-paru, dan pembuluh darah secara optimal--pada kelompok usia yang lebih tua ini.

Para manula membakar hampir 200 kalori dalam satu sesi Zumba Gold. Tingkat detak jantung cukup tinggi sehingga sesi ini dapat dihitung sebagai latihan dengan intensitas sedang.

Para peneliti menyimpulkan, satu kelas Zumba Gold dapat memacu respons jantung dan metabolik memperbaiki dan mempertahankan kebugaran kardiorespirasi.

Sayangnya, penelitian ini hanya menguji 16 lansia yang mengambil satu kelas, sehingga sulit menarik kesimpulan.

Tapi Zumba memang menawarkan berbagai manfaat, dari memperbaiki keseimbangan dan kekuatan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini