Sukses

Cara Menakjubkan Tertawa Pengaruhi Kesehatan

Tertawa atau tersenyum tidak hanya membuat kita senang, tapi kedua hal ini juga baik untuk kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Tertawa lepas selalu membuat seseorang merasa lebih baik. Dan ternyata, selain menimbulkan rasa senang, tawa juga ternyata memiliki efek kesehatan yang menakjubkan.

Saat Anda merasa stres dan gelisah, bisa karena tekanan pekerjaan dan hubungan, atau keseharian yang selalu sibuk ada kecenderungan untuk melewatkan waktu berkualitas untuk diri sendiri. Padahal hal ini penting untuk mengisi ulang tubuh dan pikiran.

Bagian terbaiknya, ada dua cara mudah untuk mengurangi stres di hidup Anda: tawa dan senyum. Kedua hal ini dianggap sebagai penyeimbang dan dikenal sebagai pelepas stres, rasa sakit, rasa takut dan konflik.

Melansir Boldsky, Sabtu (22/4/2017) berikut beberapa manfaat sehat tertawa dan senyuman bagi kesehatan tubuh.

1. Melepaskan hormon bahagia

Ketika kita tersenyum, senyawa rasa senang di otak, serotonin dan endorfin, dilepaskan. Hormon ini akan membuat kita senang, sehingga bisa mengurangi rasa sakit.

2. Bikin tubuh rileks

Tertawa bisa membantu tubuh melepaskan tekanan dan stres. Ketika kita tertawa, otot-otot yang kita gunaka akan menjadi rileks dan akan terus bertahan pada kondisi ini sampai 30-45 menit setelahnya.

3. Meredakan stres

Ketika endorfin dilepaskan di otak, hormon stres seperti kortisol akan berkurang. Kita bisa mengurangi kadar kortisol dengan cara tertawa.

4. Menjaga kesehatan paru-paru

Ketika kita tertawa, paru-paru akan melebar dan dipenuhi dengan oksigen. Tertawa terbahak-bahak akan mengirimkan nutrisi kaya oksigen lebih banyak ke seluruh penjuru tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Baik untuk kesehatan jantung

5. Menunjang kesehatan jantung

Sering tertawa juga akan menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah, dan memperbesar fungsi saluran darah. Hal ini akan membantu Anda mencegah serangan jantung dan risiko penyakit kardiovaskular lainnya.

6. Meningkatkan sistem imun

Karena tertawa akan melepaskan hormon pembuat senang, kekebalan tubuh juga akan meningkat. Ini karena jumlah sel darah putih juga akan bertambah, begitu juga dengan antibodi pencegah infeksi di dalam tubuh.

7. Berfungsi seperti olahraga

Tertawa keras juga bisa berfungsi seperti olahraga. Tawa akan membakar kalori, membuat tubuh bergerak dan meningkatkan ketahan dan kekuatan otot. Tawa juga akan membuat sistem kardio tubuh bekerja.

8. Mempengaruhi kesehatan mental

Tersenyum dan tertawa tidak hanya membantu kesehatan fisik, tapi juga kesehatan mental. Ketika emosi seperti rasa marah dan sedih atau takut hadir, tertawa bisa membantu mengusir emosi-emosi negatif ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini