Sukses

Vagina Kering Sebabkan Rasa Sakit Saat Berhubungan Seks

Liputan6.com, Jakarta Keringnya vagina sering kali menyebabkan masalah saat berhubungan seks. Namun, Anda tidak perlu cemas, ada berbagai cara untuk memperbaiki lubrikasi vagina yang tidak memadai.

Solusi yang murah sekaligus efektif adalah dengan menggunakan pelumas saat berhubungan seks. Apabila penyebab kurangnya pelumas adalah gangguan psikologis, komunikasi yang tepat merupakan pengobatan yang terbaik.

Berkomunikasi merupakan hal yang penting saat melakukan hubungan seksual. Tanpa komunikasi, Anda akan sulit mencapai kenikmatan saat bercinta.

Utarakan pendapat Anda kepada pasangan mengenai apa yang membuat Anda nyaman dan apa yang tidak. Jika Anda merasa sakit, tidak perlu sungkan untuk memberi tahu pasangan.

Kekeringan vagina dan rasa sakit biasanya terjadi karena penetrasi yang terlalu dini, padahal Anda belum siap. Katakan kepada pasangan untuk memperpanjang waktu foreplay (pemanasan). Hal ini berguna untuk merangsang cairan lubrikasi keluar dari vagina Anda.

Saat pemanasan, Anda bisa meminta pasangan untuk menyentuh bagian tubuh Anda yang sensitif. Ingat, jangan lakukan penetrasi hingga Anda benar-benar terangsang dan cairan lubrikasi cukup.

Bereksperimen dengan pelumas yang berbeda dan cara menerapkannya juga bisa menjadi pilihan untuk membuat hubungan seksual lebih menyenangkan.

Namun, jika cara-cara tersebut tidak juga mampu meredakan rasa sakit, berkonsultasilah dengan dokter agar dapat dilakukan penanganan yang tepat untuk masalah vagina yang kering ini.

(dr. Muhammad Anwar Irzan)

Artikel Selanjutnya
Trik Ini Akali Masturbasi untuk Turunkan Berat Badan
Artikel Selanjutnya
Sentuh 3 Titik Ini untuk Bikin Wanita 'Melayang'