Sukses

Masalah Telinga yang Rentan Dialami Individu Kayak Hamish Daud

Hamish Daud baru saja menjalani pembedahan telinga. Diketahui ia menderita eksostosis, pertumbuhan abnormal tulang yang jinak.

Liputan6.com, Jakarta Kekasih penyanyi Raisa, Hamish Daud, belum lagi mengunggah sebuah foto di Instagram yang memperlihatkan kondisinya kala itu. Tampak ada perban putih menempel di bagian bawah telinga. Dari keterangan foto yang ditulisnya, diketahui bahwa pemain film yang gemar travelling ini baru saja menjalani pembedahan akibat menderita eksostosis, khususnya surfer's ear.

dr. Sara Elise Wijono MRes dari Klik Dokter, menjelaskan, eksostosis merupakan pertumbuhan abnormal tulang yang jinak dan dapat terjadi bagian tubuh manusia. Karena kondisi tersebut terjadi pada bagian liang telinga, dinamakan surfer's ear.

Umumnya liang telinga memiliki diameter lima sampai delapan milimeter. Apabila mengalami kondisi ini, diameter tulang semakin menyempit sehingga bisa menyebabkan infeksi telinga berulang akibat dari kotoran yang terperangkap di dalam.

"Selain itu, dapat juga timbul gangguan pendengaran atau nyeri pada telinga," kata Sara menjelaskan penyakit yang dialami Hamish Daud ini.

Menurutnya, surfer's ear banyak ditemukan pada orang-orang seperti Hamish Daud, yang senang berselancar. Akan tetapi, orang-orang yang terpapar kondisi dingin, basah, dan berangin pun bisa saja senasib seperti cowok yang pernah dikabarkan dekat dengan Nadine Chandrawinata.

Eksostosis pada telinga umumnya muncul pada pertengahan atau akhir usia 30an. Namun, bagi mereka yang sering terpapar faktor risiko (angin atau air dingin), kondisi ini dapat muncul lebih awal.

Umumnya kondisi yang dialami Hamish Daud ini ditemukan pada kedua telinga, walaupun satu telinga biasanya akan lebih buruk keadannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.