Sukses

Kenapa Sering Pusing Saat Olahraga?

Liputan6.com, Jakarta Beragam penyakit bisa dicegah bahkan disembuhkan dengan rutin beraktivitas fisik. Tapi jika rasa sakit seperti pusing timbul saat olahraga apa penyebabnya?

Umumnya jika seseorang tidak mendapatkan asupan gizi dan nutrisi sebelum olahraga, tubuh akan mengeluarkan reaksi pusing dan dehidrasi. Namun, beberapa kondisi ini juga bisa menjadi penyebab dari pusing saat berolahraga seperti dikutip dari Live Strong, Kamis (20/4/2017).

1. Gula darah rendah

Saat berolahraga, gula dalam bentuk glukosa menjadi bahan bakar yang sangat dibutuhkan. Sayangnya, jika Anda tak cukup makan, kebutuhan glukosa saat olahraga tidak akan cukup memberikan energi bagi tubuh, yang biasa disebut dengan hipoglikemia.

Umumnya hal ini terjadi pada penderita diabetes, tapi bisa juga terjadi pada orang non-diabetes. Untuk menghindarinya, disarankan Anda sarapan cukup gizi dan nutrisi sebelum melakukan olahraga.

Atau setidaknya dua sampai empat jam sebelum berolahraga juga dapat membantu menghindari gula darah rendah. Jika Anda lupa makan dengan menu 4 sehat 5 sempurna, konsumsi camilan seperti biskuit atau buah sebelum berolahraga untuk menghindari pusing dan mengontrol gula darah Anda.

2. Dehidrasi

Tidak cukup minum air putih sebelum, selama atau setelah berolahraga juga menyebabkan rasa pusing. Kehilangan cairan atau dehidrasi akan mengeluarkan elektrolit, terutama natrium, yang membantu menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Sementara, jika air yang dibutuhkan tubuh tidak terpenuhi akan menyebabkan pusing, sakit kepala dan mulut kering dan lengket. 

Artikel Selanjutnya
Tanya Dokter: Apa Penyebab Menstruasi Tidak Lancar?
Artikel Selanjutnya
Usia 35 Belum Nikah, Begini Kata Olivia Zalianty