Sukses

Bukannya Sehat, Olahraga Berlebihan Malah Bikin Haid Berantakan

Meski olahraga setiap hari dapat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, sayangnya jika dilakukan berlebihan akan merugikan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Berolahraga memang dianjurkan karena baik bagi tubuh kita. Namun, tidak juga harus dilakukan setiap hari. Yang semestinya tubuh mendapatkan manfaat dari olahraga, malah mendapat malapetaka. 

Begitu juga bagi Anda yang gemar berolahraga berat di gym. Tidak perlu melakukannya setiap hari dengan waktu yang lama pula. Tubuh butuh istirahat. Bila berlebihan dan terlalu diporsir justru akan melemahkan otot. 

Hal tersebut bisa terjadi lantaran otot juga butuh waktu untuk istirahat guna merangsang protein yang masuk dan membentuk otot.

Berikut lima hal negatif yang bakal tubuh dapatkan jika kita berolahraga setiap hari seperti dikutip dari situs Shape, Jumat (21/4/2017)

1. Berat badan turun drastis

Overtraining (olahraga berlebihan) menyebabkan turunnya berat badan kita secara drastis. Namun, kebanyakan orang tidak menyadari, ada efek buruk yang menghantui, yaitu naiknya berat badan di kemudian hari saat Anda meninggalkan kebiasaan tersebut.

2. Siklus haid berantakan

Olahraga berlebihan pun berimbas pada siklus haid yang tidak menentu. Haid bisa datang lebih cepat, bahkan telat beberapa waktu. Hal ini terjadi lantaran penurunan estrogen. Bahkan olahraga berlebihan juga dikaitkan dengan keropos tulang dini.

3. Sulit tidur

Terlalu lelah justru akan membuat tubh lebih sulit untuk tidur,

4. Perubahan suasana hati

Olahraga memang bisa menjadi obat anti-depresan yang manjur, tapi jika dilakukan secara berlebihan justru kebalikannya. Anda akan mengalami peningkatan kecemasan hingga depresi.

5. Mudah lelah

Olahraga berlebihan dapat menyebabkan individu mudah lelah saat melakukan kegiatan lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini