Sukses

11 Cara Mudah Pangkas Berat Badan dalam 15 Menit

Liputan6.com, Jakarta Menurunkan berat badan dan mendapatkan bentuk tubuh ramping memerlukan banyak keputusan dan perubahan kecil yang konsisten. Ini merupakan proses yang lambat dan bisa memakan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa memulainya dari sekarang.

Sebaiknya Anda mengambil langkah kecil namun signifikan untuk menurunkan berat badan, ketimbang melakukan perubahan besar. Berikut 11 hal kecil yang bisa Anda lakukan dalam 15 menit untuk membantu memangkas berat badan, dikutip dari laman Prevention, Kamis (20/4/2017):

1. Perhatikan kalender

Cek kalender Anda dan lihat ada agenda apa seminggu ke depan. Bila Anda menemukan jadwal kegiatan yang sekiranya menghambat program penurunan berat badan--seperti meeting makan maam yang bersamaan dengan jadwal olahraga Anda--buatlah rencana untuk menyiasatinya agar Anda tetap dalam jalur yang tepat.

2. Dapatkan paparan sinar matahari

Menghabiskan beberapa menit di luar ruangan sebelum masuk ke kantor bisa menurunkan nafsu makan Anda. Ternyata, sebuah studi yang dimuat dalam jurnal PlosOne menemukan paparan sinar matahari pagi dikaitkan dengan penurunan berat badan dan berkurangnya nafsu makan.

Anda pun bisa memarkir kendaraan agak jauh sehingga memungkinkan berjalan kaki menuju kantor sambil mnyerap sinar matahari pagi. 

 

1 dari 4 halaman

Jalan kaki sebelum makan siang

3. Berjalan kaki sebelum makan siang

Berjalan kaki selama 15 menit mampu membakar sekitar 70 kalori. Jika dilakukan setiap hari makan Anda membakar 490 kalori dalam seminggu. Tak ada salahnya berjalan kaki menuju resto favorit saat makan siang, bukan?

4. Persiapkan kudapan sehat untuk seminggu

Anda bisa menyiapkan kacang-kacangan serta buah kering di kantong-kantong berbeda. Mencuci dan memotong sayuran segar lalu menyimpannya di lemari pendingin pun bisa dilakukan untuk mempersiapkan kudapan buat seminggu ke depan.

Mempersiapkan cemilan sehat dan menantikan waktu untuk memakannya berarti Anda tak perlu harus jajan atau menghabiskan junk food yang tersisa di kulkas.

5. Bikin janji bertemu teman

Keinginan untuk makan junk food yang muncul tiba-tiba biasanya tak bertahan lama. Perasaan itu akan hilang ketika ada hal lain yang mengalihkan perhatian Anda. Jadi, luangkan waktu untuk bikin janji temu denagn teman. 

 

2 dari 4 halaman

Meditasi untuk kurangi stres

6. Meditasi untuk mengurangi stres

Saat Anda berusaha menurunkan berat badan, berdiam diri tanpa melakukan apa pun selama beberapa menit merupakan cara yang baik untuk menghabiskan waktu Anda.

Aktivitas menenangkan seperti meditasi menghambat produksi hormon kortisol--hormon stres yang membuat Anda menyimpan lemak tubuh serta mencari-cari makanan manis.

7. Mengepel lantai

Atau menyapu lantai serta aktivitas membersihkan rumah lainnya setidaknya setara dengan Anda berolahraga. Melakukan kegiatan seperti mengelap debu membakar 25 kalori, memvakum membakar 45 kalori, atau menyikat kamar mandi akan membakar 100 kalori bila dilakukan selama 15 menit. Kombinasikan pula aktivitas bebersih ini dengan gerakan olahraga agar lebih menyenangkan dan tubuh ramping dan indah pun tercapai.

8. Berkebun

Mencabuti rumput liar tak hanya membuat taman Anda terlihat lebih cantik, melainkan juga membantu Anda membakar sekitar 60 kalori dalam 15 menit. Selain itu gerakan berjongkok dan berdiri yang dilakukan berulang ketika berkebun akan mengencangkan bokong serta paha. Lumayan bukan? 

 

3 dari 4 halaman

Ubah lini waktu di media sosial

9. Ubah lini waktu media sosial Anda

Menghabiskan beberapa menit bermain media sosial pun bisa ikut membantu menurunkan berat badan, meski tak secara langsung. Mulailah mengikuti situs atau blogger fitness yang bisa Anda jadikan panutan menjaga kesehatan dan inspirasi. Ini akan memengaruhi tampilan lini waktu Anda jadi lebih positif. Hitung-hitung Anda libur dari unggahan dari teman-teman di dunia maya yang membosankan, bukan>

10. Ubah bohlam lampu Anda

Studi yang dilakukan Cornell University menemukan, cahaya yang terang membantu orang lebih mudah memilih makanan sehat. Gantilah bohlam lampu Anda yang temaram dengan yang lebih terang. Bisa jadi Anda akan lebih bisa menikmati salad serta pilihan makanan sehat lainnya dengan suasana benderang.

11. Tidur lebih awal

Naiklah ke tempat tidur 15 menit lebih awal setiap malam hingga Anda rutin mendapatkan durasi tidur 7 hingga 8 jam setiap harinya. Dengan begitu Anda akan merasa lebih bugar di pagi hari.

Kurang tidur bisa memengaruhi Anda jadi malas-malasan berolahraga dan memicu makan lebih banyak. Bahkan studi yang dilakukan University of Chicago menemukan, orang yang kurang tidur cenderung mengonsumsi sekitar 300 kalori per hari dibandingkan mereka yang tidur cukup.

 

Artikel Selanjutnya
3 Cara Ampuh Atasi Masalah Perut Buncit
Artikel Selanjutnya
Be Healthy: Hindari Efek Buruk dari Diet Yoyo