Sukses

Kenapa Kita Sering Kebelet Pipis di Tengah Malam, Ya?

Liputan6.com, Jakarta Bila terbangun tengah malam dan merasa ingin pipis, hal yang penting untuk dicermati yaitu apakah dorongan ingin berkemih itu yang membuat Anda terbangun atau sebaliknya.

Menurut Randy Wexler, MD, seorang profesor asosiat dari Ohio State University Medical Center, kondisi tersebut memiliki perbedaan yang signifikan. Ketika Anda tidur, peningkatan aliran darah ke ginjal bisa berdampak pada produksi urine. Jadi bila Anda terbangun tengah malam bukan karena dorongan ingin pipis, artinya Anda tak memiliki masalah dengan kandung kemih dan produksi urine. Namun, bila dorongan ingin pipis yang membuat Anda terbangun, sebaiknya jangan menyepelekan hal ini, Wexler menjelaskan.

Berikut lima hal lain yang menyebabkan Anda ingin pipis saat tengah malam dan cara mengatasinya, mengutip laman Prevention, Kamis (20/4/2017):

1. Minum terlalu banyak sebelum tidur

Menurut Wexler, tak semua orang menyadari berapa banyak air putih yang mereka minum beberapa jam sebelum tidur dan betapa hal itu bisa menggangu tidur.

"Aku mengatakan pada pasien untuk berhenti minum air dua jam sebelum tidur. Juga buang air kecil sebelum tidur," ujarnya.

Bila Anda telah melakukan hal itu dan tetap terbangun tengah malam karena ingin pipis, itu saatnya Anda perlu menemui dokter.

2. Minum alkohol atau kafein terlalu dekat waktu tidur

Baik alkohol dan kafein bisa meningkatkan keinginan untuk pipis, ujar Wexler. Jadi, bila Anda tipe individu yang senang menikmati secangkir kopi usai makan malam, atau minum alkohol sebelum tidur, artinya sama saja Anda mencari masalah.

Wexler merekomendasikan untuk menghindari konsumsi segala jenis minuman berkafein, termasuk teh, pada pukul 18.00. Dia pun menyarankan untuk tidak minum alkohol setidaknya tiga jam sebelum tidur. Dan bila kondisi ingin pipis di tengah malam terus berlanjut meski Anda sudah melakukan saran ini, sebaiknya temui dokter. 

 

1 dari 2 halaman

3. Kurang kadar hormon antidiuretik

3. Kurang kadar hormon antidiuretik

"Seiring bertambahnya usia, Anda akan kehilangan hormon antiduretik secara alami," ucap Tobias Kohler, MD, kepala urologi di Memorial Hospital Illinois.

Hormon tersebut membantu ginjal untuk mengontrol kadar cairan. Semakin sedikit hormon ini Anda miliki, semakin Anda sering ingin pipis. Menurut Kohler, biasanya hormon ini mulai berkurang ketika seseorang memasuki usia 40. Tapi bisa juga baru dirasakan kemudian ketika sudah berusia 60 atau 70.

Kondisi ini bisa diatasi dengan terapi obat-obatan. Namun menurut Kohler sebagian besar orang menerima kondisi itu apa adanya.

4. Terkena infeksi

Bila Anda wanita dan sudah melakukan semua yang disarankan tadi namun masih mengalami ingin pipis di tengah malam, bisa jadi Anda mengalami infeksi saluran kencing, demikian ucap Wexler.

"Jika itu merupakan infeksi saluran kencing, saat berkemih bisa jadi diikuti dengan sensasi terbakar atau tidak nyaman," Wexler menjelaskan. Biasanya sensasi ini juga berlangsung di siang hari.

Meski infeksi saluran kencing jarang menimpa pria, namun pria juga akan merasakan hal yang sama bila terinfeksi. Mereka pun akan merasa sering ingin pipis, termasuk di tengah malam. Sekali lagi, sensasi terbakar ketika pipis perlu diwaspadai.

5. Kaki Anda bengkak

Bila Anda mengalami kaki bengkak--kondisi yang dikenal sebagai edema--ada retensi cairan di tubuh bagian bawah dan menyebabkan Anda selalu ingin pipis ketika berbaring.

"Semua cairan di kaki Anda harus mengalir ke suatu tempat, dan hal itu meningkatkan produksi urine Anda," jelas Kohler.

Solusinya? Naikkan kaki Anda selama beberapa jam sebelum tidur. Ini akan membantu cairan di bawah tubuh mengalir ke tubuh bagian atas sehingga membuat Anda ingin pipis sebelum tidur. Demikian yang disarankan Kohler.

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Badan Gosong, Tetangga Dude Harlino Kena Azab?
Artikel Selanjutnya
3 Hal yang Harus Kamu Hindari Biar Nongkrong Jadi Lebih Asyik