Sukses

Benarkah Menyusui Bikin Payudara Kendur?

Masih banyak wanita berpikir, menyusui bikin payudara kendur. Tapi apakah benar seperti itu?

Liputan6.com, Jakarta Walau sudah banyak penelitian yang mengatakan ASI jauh lebih baik bagi bayi dibanding susu formula, masih ada ibu yang sungkan menyusui anaknya. Alasannya, mereka takut payudara jadi kendur.

Saat menyusui, payudara ibu memang jadi lebih penuh karena aktifnya kelenjar susu. Proses menyusui sendiri, dimana bayi terkadang tanpa sadar menarik payudara ibunya, juga sering disalahkan sebagai penyebab payudara ibu jadi kendur. Namun, apakah benar menyusui bikin payudara kendur?

Mengutip Boldsky, Rabu (19/4/2017) berikut beberapa fakta hubungan antara payudara kendur dan menyusui:

Fakta 1

Mayoritas wanita berpikir, menyusui bisa membuat payudara kendur. Namun para ahli mengatakan, menyusui tidak bisa jadi alasan satu-satunya yang membuat payudara tidak sekencang sebelumnya. Ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap kondisi ini.

Fakta 2

Sebuah studi menyatakan, tidak ada perbedaan yang ditemukan antara dua kelompok wanita, yang menyusui dan yang memberi bayi mereka susu formula.

Penelitian ini menyimpulkan, kekencangan payudara atau kurang kencangnya, tidak dipengaruhi hanya dari menyusui.

Fakta 3

Observasi para ahli, menyusui ternyata juga bisa membuat kulit di sekitar area dada jadi lebih sehat.

Fakta 4

Sebenarnya, kehamilan lebih mempengaruhi bentuk dan komposisi payudara dibanding menyusui. Saat kehamilan, ketika susu mulai diproduksi, ukuran dan bentuk payudara akan mengalami perubahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta 5

Ketika terjadi kenaikan berat badan. ligamen yang ada di sekitar payudara akan tertarik. Dan hal ini bisa menyebabkan kekenduran.

Fakta 6

Faktor genetik memegang peranan terhadap bentuk, ukuran, dan kekencangan payudara.

Fakta 7

Faktor lain, seperti usia, kehamilan ganda, dan kebiasaan seperti merokok, jumlah lemak tubuh, dan tingkat aktivitas juga memainkan peranan terhadap kekecangan payudara atau kekendurannya.

Fakta 8

Menyusui dinyatakan bisa mengurangi risiko kanker payudara dan kanker ovarium sebelum menopause.

Fakta 9

Berhenti merokok, menjaga berat badan, berolahraga secara teratur, dan menggunakan pakaian dalam yang menopang, serta tidak lupa menggunakan pelembab bisa mencegah kendurnya payudara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.