Sukses

Kisah Bocah 2 Tahun yang Miliki Kulit Seperti Sisik Ikan

Seorang balita berusia dua tahun asal India, Shama mengalami kondisi kulit langka yang disebut lamellar ichthyosis.

Liputan6.com, Jakarta Seorang balita berusia dua tahun asal India, Shama, menderita penyakit langka yang disebut lamellar ichthyosis.

Melansir Daily Mail, Rabu (19/4/2017) kondisi kulit Shama ini menyerupai sisik ikan yang setiap harinya dapat mengelupas.

"Lamellar Ichtyosis merupakan penyakit bawaan yang hampir seluruhnya mempengaruhi bagian kulit," ujar Dr Anjali Mahto, Konsultan Dermatologis dari British Skin Foundation.

Kulit yang mengelupas disebabkan oleh permukaan kulit yang keras dan kering. Akibatnya, Shama sering kali mengalami nyeri dan rentan mengalami infeksi.

Rasa nyeri juga tidak hanya bisa dirasakan pada bagian kulit saja. Shama mengalami kesulitan untuk membengkokkan siku dan sulit berjalan. Gangguan lain muncul seperti kerontokan rambut dan masalah pada penglihatan.

Ia juga mengalami panas berlebihan karena aliran darah menyempit dan membuat kulit tertutup rapat sehingga menyulitkan keringat untuk keluar.

"Terkadang kami ingin dia mati karena tidak tega melihatnya menderita, di sisi lain kami ingin sekali menyembuhkannya," tutur Roshni Banu (22), Ibu dari Shama.

Banu sendiri mengakui, selama masa kehamilan dirinya tidak mengalami masalah. Setelah melahirkan barulah Banu menyadari ada kondisi yang tidak biasa dari bayinya.

Sampai saat ini belum ada pengobatan yang tepat untuk menyembuhkan kelainan ini. Upaya Banu untuk meringankan penderitaan Shama hanya rutin mengoleskan pelembab dan mandi lebih dari empat kali sehari saat Shama merasa panas serta gatal.

Penyakit langka yang dialami Shama dapat terjadi karena bawaan genetik, yang dapat menyerang satu di antara 600 ribu orang. (Aida Tifani)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.