Sukses

Bersepeda hingga Yoga, Olahraga Terbaik Usir Rematik

Empat jenis olahraga berikut ini dapat meningkatkan fungsi sendi dan otot yang baik untuk mengusir rasa nyeri akibat rematik.

Liputan6.com, Jakarta Mencegah dan mengobati rematik atau Arthritis Rheumatoid bisa dilakukan dengan rutin berolahraga. Namun, olahraga seperti apa yang dianjurkan?

Olahraga dapat membantu meningkatkan fungsi sendi, mencegah atrofi otot, bahkan membangkitkan mood seperti dikutip Health Line, Rabu (19/4/2017) berikut olahraga yang direkomendasikan untuk penderita rematik di segala usia.

1. Olahraga air
Centers for Disease Control and Prevention, merekomendasikan olahraga air dapat memberikan perbaikan besar terhadap penyakit rematik. Berenang atau aerobik air dinyatakan mampu meningkatkan penggunaan sendi dan mengurangi rasa sakit rematik.

2. Taichi
Bela diri tradisional asal Tiongkok yang menggabungkan gerakan lambat dan fokus ini, mampu meningkatkan fungsi otot dan mengurangi rasa kaku dan sakit rematik.

3. Bersepeda
Bukan hanya baik untuk jantung, bersepeda juga membantu mengurangi risiko rematik. Gerakan saat mengayuh sepeda akan melatih persendian dengan sendirinya dibanding latihan aerobik biasa.

4. Yoga
Dr. Mario Siervo, direktur staf operasional medis di Leon Medical Centers, menganjurkan pasien rematik dan semua individu rutin melakukan yoga untuk mencegah dan mengobati rematik. "Peregangan dapat membantu pasien rematik meningkatkan fleksibilitas tubuh dan sendi, dengan gerakan-gerakan dalam yoga," kata Siervo.

Ahli bedah ortopedi, Dr. Philip Conwisar, juga berpendapat peregangan tubuh dari gerakan yoga, khususnya di bagian lengan, punggung, pinggul, paha, dan betis--tempat rematik biasa terjadi--akan mengurangi nyeri karena rematik dan meningkatkan fungsi otot juga sendi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini