Sukses

Bersepeda hingga Yoga, Olahraga Terbaik Usir Rematik

Liputan6.com, Jakarta Mencegah dan mengobati rematik atau Arthritis Rheumatoid bisa dilakukan dengan rutin berolahraga. Namun, olahraga seperti apa yang dianjurkan?

Olahraga dapat membantu meningkatkan fungsi sendi, mencegah atrofi otot, bahkan membangkitkan mood seperti dikutip Health Line, Rabu (19/4/2017) berikut olahraga yang direkomendasikan untuk penderita rematik di segala usia.

1. Olahraga air
Centers for Disease Control and Prevention, merekomendasikan olahraga air dapat memberikan perbaikan besar terhadap penyakit rematik. Berenang atau aerobik air dinyatakan mampu meningkatkan penggunaan sendi dan mengurangi rasa sakit rematik.

2. Taichi
Bela diri tradisional asal Tiongkok yang menggabungkan gerakan lambat dan fokus ini, mampu meningkatkan fungsi otot dan mengurangi rasa kaku dan sakit rematik.

3. Bersepeda
Bukan hanya baik untuk jantung, bersepeda juga membantu mengurangi risiko rematik. Gerakan saat mengayuh sepeda akan melatih persendian dengan sendirinya dibanding latihan aerobik biasa.

4. Yoga
Dr. Mario Siervo, direktur staf operasional medis di Leon Medical Centers, menganjurkan pasien rematik dan semua individu rutin melakukan yoga untuk mencegah dan mengobati rematik. "Peregangan dapat membantu pasien rematik meningkatkan fleksibilitas tubuh dan sendi, dengan gerakan-gerakan dalam yoga," kata Siervo.

Ahli bedah ortopedi, Dr. Philip Conwisar, juga berpendapat peregangan tubuh dari gerakan yoga, khususnya di bagian lengan, punggung, pinggul, paha, dan betis--tempat rematik biasa terjadi--akan mengurangi nyeri karena rematik dan meningkatkan fungsi otot juga sendi.

Artikel Selanjutnya
Mau Sehat Saat Usia Senja, Ayo Bergerak!
Artikel Selanjutnya
Selain Renang, Ini Olahraga yang Baik bagi Penderita Asma