Sukses

Dampak Merokok Bagi Wanita Lebih Mengerikan Dari yang Dibayangkan

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua orang sudah tahu betul merokok berbahaya bagi kesehatan. Bahaya merokok ini bukan hanya bagi pria tapi juga wanita. Satu yang tidak diketahui, dampak merokok bagi wanita ini lebih mengerikan dari yang dibayangkan.

Misalnya saja bahaya merokok bagi wanita melahirkan. Bahayanya bukan hanya membuat komplikasi, tapi juga meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah hingga lahir prematur.

Tak cuma itu, ibu yang merokok saat hamil, kesehatan bayi di awal kehidupan tidak baik. Mulai dari memiliki masalah paru hingga kesulitan di awal kehidupan seperti diungkapkan dokter kebidanan dan kandungan Manny Alvarres dari New York University School of Medicine dalam kolom laman Fox News dikutip Rabu (19/4/2017).

Selain itu, berikut dampak mengerikan gara-gara merokok pada wanita lainnya adalah:

1. Penyakit jantung

Perempuan merokok memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dibanding pria. Hal ini terjadi karena merokok mampu merusak sel-sel darah dalam tbuh sehingga membuat penumpukan plak di arteri.

2. Kepadatan tulang berkurang

Merokok juga memiliki pengaruh terhadap berkurangnya kepadatan tulang pada wanita. Bila kebiasaan merokok dikombinasikan dengan pola makan yang buruk, aktivitas fisik rendah, serta mengonsumsi alkohol, hal ini makin meningkatkan risiko berkurangnya kepadatan tulang.

3. Kanker payudara dan serviks

Merokok meningkatkan risiko semua jenis kanker, pada wanita hal ini menignkatkan risiko kanker payudara dan serviks.

"Dalam kasus kanker serviks, merokok itu menyebabkan kerusakan sel-sel serviks rusak sehingga wanita perlu berjuang lebih dalam melawan infeksi. Jika tidak mampu melawan infeksi, membuka kemungkinan terjadi masalah termasuk kanker serviks," seperti diungkapkan dokter Manny.

Lalu, kandungan kimia berbahaya pada rokok membuat tubuh tidak mampu melawan sel-sel kanker secara efektif. Alhasil, kanker payudara pun rentan terjadi.

Artikel Selanjutnya
Setelah Tahu 5 Bahaya Rokok, Perempuan Masih Mau Merokok?
Artikel Selanjutnya
Perokok Sebaiknya Konsumsi Makanan Ini bila Ingin Paru-paru Sehat