Sukses

Kenapa Mendadak Pusing dan Gelap Saat Berdiri dari Duduk?

Pernahkah Anda merasa pusing mendadak atau pandangan menjadi gelap setelah bangun dari duduk atau tidur? Bisa jadi ini penyebabnya

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda merasa pusing mendadak atau pandangan menjadi gelap setelah bangun dari duduk atau tidur? Bila ya, kemungkinan besar Anda mengalami hipotensi ortostatik, seperti diungkap dr Astrid Wulan Kusumoastuti dari Klikdokter.com.

Hipotensi ortostatik adalah kondisi ketika darah secara tiba-tiba turun ke bagian tubuh paling bawah (kaki) ketika seseorang berdiri atau duduk yang disebabkan oleh gaya gravitasi.

Menurut penjelasan dr Astrid, individu yang sehat bisa menyesuaikan kondisi dari berbaring atau duduk kemudian berdiri dalam beberapa detik. Namun, bila kondisi penyesuaian berlangsung lama atau hingga membuat orang tersebut pingsan--meski sesaat--bisa jadi hal ini merupakan tanda adanya masalah yang lebih serius.

Penyebab hipotensi ortostatik karena kekurangan cairan/dehidrasi, kurang olahraga, atau anemia. Sementara penyebab lainnya adalah diabetes, gagal jantung, serta gangguan saraf.

Bila Anda sering merasa pusing atau lemas, bisa saja Anda mengalami anemia dan perlu pemeriksaan laboratorium untuk menilai kadar hemoglobin.

"Untuk mengurangi gejala tersebut, sebaiknya jangan duduk atau berdiri tiba-tiba setelah berbaring," dr Astrid menyarankan. Bangunlah secara bertahap dan perlahan agar tidak pusing, minum minimal 8 gelas per hari, olahraga teratur 3-4 kali seminggu selama minimal 30 menit, dan konsumsi makanan kaya zat besi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.