Sukses

Tips Sehat Makan Telur Dilihat dari Cara Telur Disajikan

Sehat atau tidaknya, makan telur bisa dilihat dari cara penyajian telur.

Liputan6.com, Jakarta Telur tergolong makanan yang sangat sehat untuk tubuh. Kandungan telur termasuk kaya nutrisi dan protein berkualitas tinggi. Protein dalam telur dapat membantu membangun dan memelihara otot tubuh dan meningkatkan rasa kenyang. Kedua peran ini dinilai penting mengendalikan berat badan.

Telur juga sumber makanan dari vitamin D dan kolin nutrisi--zat yang dapat membantu melindungi bayi agar tak lahir cacat. Kandungan lain, yaitu vitamin A, vitamin B12, riboflavin (B2), dan selenium antioksidan, serta lutein dan zeaxanthin--zat yang menjaga mata tetap sehat.

Sebagian besar kalori, vitamin, dan mineral telur ini ditemukan pada kuning telur, menurut ahli nutrisi Lisa Drayer, dalam tulisannya di CNN, Selasa (17/4/2017).

Lantas bagaimana dengan kolesterol dalam telur? Tak dipungkiri, telur juga tinggi kolesterol, yang juga ditemukan pada kuning telur. Tapi telur juga dinilai rendah lemak jenuh. Oleh karena itu, telur termasuk sehat dan aman dikonsumsi menurut Dietary Guidelines for Americans tahun 2015-2020.

Salah satu penelitian menemukan, konsumsi tinggi dari telur--lebih dari satu telur per hari--tidak terkait peningkatan risiko penyakit jantung koroner atau stroke.

Sebuah studi tahun 2016 di Finlandia yang melibatkan lebih dari 1.000 pria menyimpulkan, telur atau kolesterol pada telur tidak berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit arteri koroner.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyajian telur

Penyajian telur

Telur dapat memengaruhi kesehatan Anda tergantung bagaimana cara telur disajikan untuk dimakan dan makanan lain yang dikombinasikan dengan telur.

Satu telur rebus yang besar mengandung 71 kalori dan 2 gram lemak jenuh. Telur dadar (omelet) yang dicampur bayam dan satu kuning telur juga pilihan yang ramping juga sehat.

Jadi untuk bisa bebas menikmatinya, perhatikan bagaimana cara Anda menyajikan telur. Sekaligus seimbangkan konsumsi telur dengan makanan kaya serat yang sehat lainnya, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.