Sukses

Pemegang KJP Bisa Kuliah di PTN

Pertengahan September 2016, Ahok menjalin kerjasama dengan PTN di seluruh Indonesia untuk siswa pemegang KJP

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), tidak ingin siswa pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP) patah semangat karena takut tidak dapat melanjutkan ke perguruan tinggi.

Pemprov DKI Jakarta pun menggandeng 26 PTN untuk program Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU), guna membantu anak-anak pemegang KJP bisa melanjutkan ke universitas negeri.

Menurut Ahok, langkah yang diambil pemerintah pusat untuk bekerjasama dengan 26 PTN lantaran dia dan Presiden RI Joko Widodo punya pemikiran yang sama. Keduanya mau semua anak, terlebih yang berasal dari kalangan menengah ke bawah, dapat mengenyam pendidikan sampai ke tingkat universitas.

"Pikiran Pak Jokowi sederhana saja, bagaimana orang yang penghasilannya pas-pasan atau enggak punya penghasilan itu, anak-anak turunannya bisa sekolah sampai kuliah," kata Ahok akhir Maret 2017.

Berikut daftar universitas yang digandeng oleh Pemprov DKI Jakarta untuk program Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU), seperti dikutip dari situs kjp.jakarta.go.id, Senin (17/4/2017)

  1. Politeknik Negeri Jakarta
  2. Institut Teknologi Kalimantan
  3. Universitas Sunan Kali Jaga
  4. Universitas Bengkulu
  5. Institut Teknologi Sumatera
  6. Universitas Tidar
  7. Universitas Negeri Padang
  8. UPN Veteran Yogyakarta
  9. Universitas Diponegoro
  10. Universitas Gajah Mada
  11. Universitas Indonesia
  12. Universitas Negeri Jakarta
  13. Institut Pertanian Bogor
  14. Universitas Jember
  15. UIN Syarif Hidayatullah
  16. IAIN Surakarta
  17. UIN Raden Fatah
  18. Universitas Tadulako
  19. Institut Seni Indonesia Yogyakarta
  20. Universitas Negeri Yogyakarta
  21. Politeknik Negeri Malang
  22. Universitas Padjajaran
  23. Politeknik Manufaktur Negeri Bandung
  24. Politeknik Negeri Semarang
  25. Universitas Siliwangi

Ahok berharap anak sekolah di Jakarta yang memiliki Kartu Jakarta Pintar dapat berkuliah di sejumlah kota di Indonesia dengan program tersebut.

Saat ini memang baru 26 PTN. Ke depan, diharapkan banyak PTN dari seluruh Indonesia mau menjalin kerjasama. Dengan begitu, murid-murid di Jakarta bisa memilih universitas yang didambakannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini