Sukses

Cara Turunkan Berat Badan Jika Tak Suka Sayuran

Beruntunglah mereka yang tak suka sayuran karena ternyata tidak mustahil untuk turunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Buat orang yang tidak suka makan sayur, bayangan harus diet dan banyak makan sayuran untuk turunkan berat badan bisa jadi sangat menyiksa. Pasalnya, menu makanan sehat sering identik dengan sayuran.

Namun ternyata, Anda bisa menurunkan berat badan menggunakan menu bebas sayuran. Walau memang, hal ini tidak akan mudah--tapi tidak mustahil.

Ini karena sayuran kaya akan vitamin dan mineral yang bisa memenuhi asupan harian Anda tanpa memberikan banyak kalori. Tanpa sayuran, Anda terpaksa mengonsumsi makanan yang tinggi kalori. Artinya, porsi makan Anda harus dikurangi. Bisa jadi hal ini malah akan membuat Anda sering lapar.

Namun, jangan putus harapan dulu. Berikut beberapa cara untuk menurunkan berat badan untuk Anda para pembenci sayuran, mengutip Women's Health, Selasa (17/4/2017):

1. Bereksperimen dengan proses penyajian

Ada kemungkinan Anda tidak suka sayuran karena cara makanan ini disajikan. Bisa jadi ketidaksukaan itu muncul karena rasanya yang pahit, langu, atau bau. Hal itu terjadi karena sayuran tersebut tidak dimasak atau disiapkan secara benar, ujar Susan Bowerman, R.D., direktur nutrisi, edukasi dan training worldwide di Herbalife.

Bowerman menyarankan untuk mencari tahu perihal bagian apa dari sayuran yang tidak Anda sukai. Kemudian cobalah untuk menghilangkan hal tadi dengan cara persiapan atau cara masak yang berbeda. Proses memasak yang sesuai bisa membuat hal yang menyebalkan dari sayuran tadi hilang, sehingga Anda pun bisa mengonsumsinya.

2. Minum sayuran Anda

Jika Anda masih tidak mau makan sayuran, seperti apa pun makanan itu disajikan, cobalah untuk menyelipkan mereka dalam diet dengan cara diminum.

Menyesap jus atau smoothies dari sayuran adalah pilihan yang baik untuk menurunkan berat badan. Ini karena sayuran kaya akan serat dan bisa mendongkrak metabolisme, ujar Lisa DeFazio, R.D, yang kemudian memungkinkan Anda untuk turunkan berat badan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Mencemil buah dengan kadar gula rendah

Jika Anda ingin menghindari sayuran, Anda harus lebih banyak mengonsumsi buah-buahan rendah gula, seperti berries, jeruk bali, dan apel, ujar DeFazio. Ini karena buah-buahan juga kaya vitamin dan mineral, dengan kandungan kalori yang hanya sedikit lebih tinggi, dan banyak mengandung air.

Untuk benar-benar memaksimalkan waktu mencemil agar kenyang lebih lama, DeFazio menyarankan untuk menggabungkan buah dengan protein, seperti peanut butter atau keju cottage.

4. Minum protein shakes

Ketika Anda berusaha untuk menurunkan berat badan, setidaknya 5 kilogram, kuncinya adalah kalori dan mengontrol porsi makan. Inilah kenapa Bowerman menyarankan untuk menukar satu porsi makan dengan protein shake.

Dengan cara ini, Anda akan lebih bisa memantau asupan kalori dan mencukupi kebutuhan harian.

3 dari 3 halaman

5. Olahraga

Lagi-lagi, turun berat badan adalah tentang kalori masuk lawan kalori keluar. Cara terbaik untuk membakar kalori adalah dengan memacu detak jantung. Namun, hal ini bukan berarti Anda harus fokus lari saja.

Walaupun rutinitas olahraga setiap orang berbeda, tergantung pada kemampuan dan kekuatan mereka, Bill Dorton, fisiolog/direktur grup olahraga/personal trainer di PurLife Fitness Center di Delray Beach, Florida menyarankan untuk berolahraga dengan interval. Berpindah-pindah gerakan antara kardio dan latihan kekuatan.

"Tubuh Anda bekerja seperti mobil," ujar Dorton. "Semakin banyak berhenti dan bergerak yang Anda lakukan, akan semakin banyak gas (alias kalori) yang terbakar."

6. Buat jurnal makanan

Mencatat apa yang sudah Anda makan membantu memantau diet dan seberapa banyak makanan yang Anda konsumsi saat menurunkan berat badan. Pada dasarnya, seiring dengan berkurangnya berat badan, begitu juga kebutuhan kalori Anda.

Jadi dengan membuat jurnal makanan, Anda akan bisa menyusuri seberapa banyak kalori yang harus Anda pangkas seiring turunnya berat badan, ujar Bowerman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini