Sukses

Jenis-Jenis Karbohidrat Ini Bikin Tubuh Jadi Langsing

Liputan6.com, Jakarta Karbohidrat merupakan bagian terpenting dari diet yang sehat. Karbohidrat juga memberikan banyak nutrisi untuk tubuh kita. Akan tetapi, tidak semua karbohidrat diciptakan dan punya manfaat yang sama.

Sayangnya, karbohidrat telanjur dicap buruk. Karbohidrat acapkali disebut penghambat untuk memperoleh berat badan ideal. Padahal, sumber karbohidrat tidak hanya nasi, roti, maupun mi.

Anda harus tahu, karbohidrat adalah jenis makronutrien yang ditemukan di buah, sayuran, susu, biji-bijian, dan bahkan kacang-kacangan.

Berikut cara diet dengan menambahkan karbohidrat, yang dapat memudahkan kita mendapatkan berat badan ideal seperti dikutip dari situs Mayo Clinic, Senin (17/4/2017)

1. Buah dan sayur

Konsumsilah buah dan sayur segar tanpa tambahan gula. Pun saat dijadikan jus. Menambahkan gula sama saja menambahkan kalori.

Buah dan sayur kaya kandungan serat dan air, sehingga membuat kita kenyang lebih lama.

2. Biji-bijian

Biji-bijian merupakan sumber serat, nutrisi, dan vitamin B yang baik untuk tubuh kita. Biji-bijian yang dapat kita pilih adalah gandum.

3. Susu rendah lemak

Susu, keju, yogurt, dan produk susu lainnya merupakan sumber kalsium dan protein yang bagus untuk tubuh.

Tetap berhati-hati terhadap susu yang kaya kandungan gula. Pilih susu yang rendah lemak.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang polong dan lentil biasanya rendah lemak, tinggi folat, kalium, besi, dan magnesium. Dia juga kaya protein dan serat. Bisa juga dijadikan pengganti daging merah.

5. Menambahkan gula tidka berbahaya

Asalkan masih dalam batas wajar. Pedoman diet dari Amerika Serikat merekomendasikan bahwa 10 persen dari kalori yang masuk ke tubuh kita adalah karbohidrat dari gula.

Artikel Selanjutnya
Doyan Makan Sushi? Ini Pilihan yang Tak Bikin Gemuk
Artikel Selanjutnya
6 Makanan Kecil yang Bantu Bikin Tubuh Langsing