Sukses

Jangan Salah, Karbohidrat pun Bisa Bikin Langsing

Liputan6.com, Jakarta Pola diet baru bermunculan. Akan tetapi, kebanyakan dari diet yang belum teruji secara klinis itu menghilangkan salah satu sumber makanan, yakni karbohidrat.

Karbohidrat kerap mendapat cap yang buruk. Karbohidrat, yang selama ini selalu diidentikkan dengan nasi atau mi, punya tempat khusus di dalam tubuh kita karena sumber energi satu ini ternyata baik untuk kesehatan.

1. Energi

Karbohidrat adalah sumber bahan bakar utama tubuh. Selama proses pencernaan, gula dan pati dipecah menjadi gula sederhana. Keduanya kemudian diserap ke dalam aliran darah, berubah wujud menjadi gula darah.

Dari sana glukosa memasuki sel-sel tubuh kita dengan bantuan insulin. Glukosa digunakan oleh tubuh untuk energi, dan bahan bakar selama kita beraktivitas fisik. Baik joging maupun sekadar bernapas.

Glukosa yang belum digunakan disimpan di dalam hati, otot, dan sel-sel lain untuk digunakan nanti. Atau dikonversi menjadi lemak.

2. Melindungi terhadap penyakit

Seperti ulasan yang tercantum di situs Mayo Clinic, Senin (17/4/2017) disebutkan bahwa biji dan makanan kaya serat lainnya, termasuk karbohidrat.

Beberapa bukti menunjukkan, biji-bijian dan serat makanan dari seluruh sayuran dan buah membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Serat juga dapat melindungi terhadap obesitas dan diabetes tipe 2. Serat juga penting untuk kesehatan pencernaan yang optimal.

3. Mengontrol berat badan

Sudah banyak bukti yang menunjukkan bahwa makan banyak buah, sayur, dan biji-bijian dapat membantu mengontrol berat badan. Cara kerjanya membuat kita kenyang lebih lama.

Dengan kata lain, karbohidrat pun dapat menurunkan berat badan kita.

Artikel Selanjutnya
6 Makanan Kecil yang Bantu Bikin Tubuh Langsing
Artikel Selanjutnya
Mengapa Anda Tidak Bisa Berhenti Makan? Ini 8 Alasannya