Sukses

Potret Ini Bukti Kucing Kembalikan Kebahagiaan Kakek 94 Tahun

Kakek asal Jepang 94 tahun bernama Jiji kembali semangat menjalani hidup setelah ditemani oleh kucing bernama Kinako.

Liputan6.com, Jakarta Pertemanan antara manusia dan kucing itu memang nyata adanya. Salah satunya bisa dilihat dari kisah kakek asal Jepang 94 tahun bernama Jiji yang kembali semangat menjalani hidup setelah ditemani oleh kucing bernama Kinako.

Jiji adalah salah orang yang ikut turun dalam Perang Dunia II. Lalu, dia juga menjalani hidup dengan bekerja di sebuah perusahaan selama 64 tahun.

Semangat hidup Jiji mulai menurun saat pada 2009 saat dia jatuh sakit. Sosoknya menjadi berubah 180 derajat dengan Jiji sebelum sakit. Saat itu, dia jadi orang yang keras kepala, pemarah, dan tidak bahagia seperti diceritakan cucunya, Akiko, kepada laman Metro mengutip pada Senin (16/4/2017).

"Kakekku sebenarnya adalah orang yang sangat menarik dan kami semua mencintainya amat sangat. Di satu sisi dia keras kepala, senang marah-marah, tapi dia murah hati, bijaksana, tulus, penuh kasih, baik, dan sabar," cerita Akiko.

Kucing Kinako bersama kakek Jiji. (Foto: Instagram @akikodupont)

Akiko pun ingin karakter kakeknya yang semangat menjalani hidup hadir kembali. Diam-diam, Akiko membawa kucing kecil untuk sang kakek. Saat Jiji melihat Kinako, rupanya langsung suka.

"Mata kakek jadi bersinar penuh bahagia saat melihat kucing itu," kata Akiko.

Sejak saat itu Kinako sering menemani Jiji. Persahabatan antara manusia dan hewan ini pun cepat terjadi. Jiji pun kembali menjalani hidup dengan lebih semangat dan bahagia.

"Kinako membuat Jiji jadi lebih 'hidup'. Memang Jiji jadi keras kepala dan senang marah-marah sejak sakit di 2009, tapi sejak ada Kinako jadi lebih banyak tertawa," tutur Akiko senang.

Melihat perubahan suasana hati Jiji yang lebih baik, sang cucu yang adalah fotografer pun mengabadikan keakraban kakenya dengan kucing kesayangan lewat foto. Mulai dari saat Kinako menemani Jiji membaca koran, minum teh hingga tidur.

Kucing Kinako bersama kakek Jiji. (Foto: Instagram @akikodupont)

Memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing memang mampu membuat seseorang jadi lebih bahagia.

Sebuah studi menemukan bahwa berinteraksi dengan hewan peliharaan bisa menurunkan tingkat hormon kortisol, yaitu hormon penyebab stress, dan meningkatkan level hormon oksitosin, yaitu hormon yang membuat bahagia.


Sama seperti Jiji, yang jadi bahagia sejak kehadiran si kucing menggemaskan Kinako.

 Kucing Kinako bersama kakek Jiji. (Foto: Instagram @akikodupont)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.