Sukses

Bercerai di Usia Pernikahan Masih Seumur Jagung

Liputan6.com, Jakarta Semua pasangan tentu ingin menikah sekali untuk selamanya. Namun, kok kini banyak pasangan yang baru hitungan bulan menikah sudah bercerai ya?

Psikolog TigaGenerasi, Anna Dauhan, mengungkapkan kini memang makin sering menemui meningkatnya kasus pasangan bercerai dalam usia pernikahan yang dini. Pada umumnya ada tiga hal yang kerap menjadi masalah yang berujung perceraian yakn

1. Harapan kepada pasangan yang berlebihan

"Saya dan teman-teman (psikolog) sering mendiskusikan makin banyaknya pasangan yang bercerai padahal usia pernikahan masih dini. Rupanya hal ini karena tidak saling mengenal mengenai pasangan. Sehingga harapan saat menikah (yang diberikan ke pasangan) itu jadi ketinggian atau berlebiham," kata Anna kepada Health-Liputan6.com ditulis Senin (17/4/2017)

Misalnya, pria berharap pasangannya menjadi tidak boros saat menikah. Saat sudah menikah ternyata masih saja boros. Faktnaya mengubah seseorang memang tidak semudah yang dibayangkan.

Maka itu, penting sekali untuk saling berbicara sebelum menikah tentang harapan masing-masing.

Lalu, tak ada salahnya melakukan konseling pra nikah. "Pasti diingatkan 'Jika dia begini terus, misalnya boros, mau enggak menghabiskan waktu hidup dengannya selama-lamanya?'," kata Anna.

2. Konflik dengan keluarga pasangan

Konflik dengan mertua kerap menjadi masalah saat menikah. Mulai dari hal-hal mendasar hingga hal-hal kecil yang mungkin dianggap tidak penting seperti diungkapkan Anna usai peluncuran buku Anti Panik Mempersiapkan Pernikahan dari Tiga Generasi  di Jakarta. 

3. Keuangan

Masalah keuangan kerap menjadi sumber masalah dengan pasangan yang bercerai. Ketidakterbukaan mengenai penggunaan uang hingga sifat boros bisa menjadi masalah dalam pernikahan 

Artikel Selanjutnya
Ini Usia Terbaik untuk Menikah
Artikel Selanjutnya
Bukan Kisah Cinderella, Menikah Tak Seindah yang Dibayangkan