Sukses

Sering Menunda Pekerjaan? Ini Tips Ampuh Mengatasinya

Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang kerap menunda pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang kerap menunda pekerjaan. Keinginan untuk selalu sempurna disebut-sebut sebagai salah satu penyebabnya.

Profesor asosiat bidang psikologi dari De Paul University, Chicago, Joseph Ferrari, Ph.D, dan Timothy Pychyl, dari Carleton University, Iowa, AS, sepakat menyatakan bahwa kecenderungan tersebut bukan bawaan lahir. Keduanya berpendapat dalam laman Psychology Today, faktor pola asuh turut mengaruhi seseorang menjadi pribadi penunda.

Meski demikan, bukan berarti tak ada cara untuk mengatasinya. Melansir laman Purewow, Minggu (16/4/2017), berikut tips yang bisa Anda terapkan untuk mengenyahkan kebiasaan menunda pekerjaan.

1. Kelilingi diri dengan warna

Mungkin terdengar aneh, namun psikologi warna serta petunjuk visual bisa berperan besar memotivasi kita mengubah kebiasaan.

Sebuah studi yang dimuat dalam Frontiers in Human Neuroscience menemukan, warna merah bisa meningkatkan fokus atau perhatian. Sementara studi lain yang dilakukan University of British Columbia menunjukkan, biru bisa memicu kreativitas.

Jadi, tak ada salahnya untuk memberi tampilan warna-warni di sekeliling meja kerja Anda sesuai dengan mood yang diperlukan.

2. Mandi

Terkadang mandi bisa jadi solusi untuk meningkatkan semangat. Tubuh yang bersih dan segar akan memicu semangat Anda untuk segera menyelesaikan pekerjaan. Bahkan hal ini pun didukung oleh sebuah studi yang dimuat Journal of the Public Library of Science, mandi sebelum memulai pekerjaan bisa membuat pekerjaan Anda lebih berkualitas.

 

Berkumpul dengan teman yang produktif

3. Berkumpul dengan teman-teman yang produktif

Bila Anda berkumpul dengan teman-teman yang juga suka menunda pekerjaan, ini tak tak akan mengubah keadaan. Sebaliknya, prioritaskan waktu berkumpul bersama mereka yang produktif, pekerja keras, dan selalu berusaha mencetak prestasi akan menginspirasi Anda. Energi positif mereka baik untuk jiwa Anda sekaligus memotivasi menjadi lebih baik.

4. Minta seseorang jadi 'polisi' untuk Anda

Mintalah bantuan seseorang yang Anda hormati (entah itu sahabat atau keluarga) untuk bertindak sebagai 'polisi' yang akan bertindak setiap kali Anda menunda pekerjaan. Beri tahu mereka proyek atau pekerjaan apa saja yang perlu Anda selesaikan.

Menurut studi dari American Psychological Association, rasa malu bisa sangat memotivasi seseorang mengubah kebiasaan. Namun, untuk hal ini rasa malu Anda akan bersifat positif.

5. Bangun lebih pagi

Mampu menyelesaikan sesuatu di pagi hari bisa jadi antitesis untuk kebiasaan menunda pekerjaan. Jadi tantang diri sendiri untuk bangun satu atau dua jam lebih awal dan lihat berapa banyak tugas yang bisa Anda selesaikan sebelum tengah hari.

Selain itu, membereskan tempat tidur dan meluangkan waktu untuk yoga di pagi hari akan memberi energi positif sepanjang hari. Namun, bila Anda hendak bangun lebih awal, pastikan untuk tidur lebih awal pula agar mendapat durasi tidur yang cukup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini