Sukses

Simak Daftar Minuman Manis Beserta Kandungan Gulanya

Ini harus mengetahui kandungan gula di setiap minuman yang kita masukkan ke dalam tubuh. Asupan gula berlebihan berbahaya

Liputan6.com, Jakarta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan untuk tidak mengonsumsi gula lebih dari 12 sendok makan setiap hari.

Gula yang menumpuk di dalam tubuh kita bila tidak segera dibakar dapat berubah menjadi lemak. Lemak ini yang nantinya membuat kita berisiko obesitas dan diabetes.

Menurut Dr Marshell dari @tanyadok di #KopdarGula ditulis Minggu (16 /4/2017), gula hadir dalam banyak bentuk, tidak sekadar butiran halus yang biasa kita tambahkan saat meracik segelas teh.

Karena hadir dalam banyak bentuk, adapun cara aman mengontrol konsumsi gula sehari-hari adalah dengan cukup minum segelas air putih daripada memilih mengonsumsi soda atau jus dalam kemasan.

Selain itu, kita harus memahami pentingnya mengetahui konsumsi gula agar lebih meningkatkan pemahaman tentang bahaya gula bila dikonsumsi berlebihan.

Berikut daftar minuman beserta kandungan gula yang terdapat di dalamnya, dikuitp dari Sugar and Health Fact Sheet, Royal Society New Zealand Organization, Agustus 2016.

1. Sebotol minuman olahraga: 11 sendok

2. Minuman energi: 13,5 sendok

3. Satu kaleng minuman soda: 11,5 sendok

4. Yoghurt: 9 sendok

5. Smoothie buah: 8 sendok

6. Sepotong kue red velvet: 9 sendok

7. Kue cokelat marsmallow: 6,5 sendok

8. 10 gram gula aren dan kelapa setara 1 sendok

9. 15 gram selai, madu, sirup, takaran gulanya setara 1 sendok.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini