Sukses

6 Cara Mudah Perbaiki Postur Tubuh

Berikut cara mudah memperbaiki postur tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Kebiasaan sehari-hari turut memengaruhi postur tubuh. Misalnya bila pekerjaan kita menuntut untuk berada di depan monitor seharian, tak heran bila postur tubuh menjadi cenderung agak membungkuk. Bila dibiarkan, hal ini tentu akan berdampak pada kesehatan.

Untuk mengatasinya, Anda perlu mengubah kebiasaan melalui hal sederhana namun rutin dilakukan. Berikut cara memperbaiki postur tubuh dengan sesuai saran Dr Kellen Scantlebury dari Fit Club Physical Therapy and Sports Performance Center, melansir laman Purewow, Minggu (16/4/2017).

1. Bawa tas selempang di bahu yang berbeda

Membawa beban di satu sisi bahu akan berdampak pada postur tubuh serta menyebabkan nyeri otot serta punggung, demikian menurut hasil studi dari Teeside University.

Solusinya, selempangkan tas Anda di bahu kanan dan kiri secara bergantian. Juga hindari membawa tas yang terlalu berat di salah satu sisi atau kenakan tas cross-body agar beban yang Anda bawa tersebar merata.

2. Duduk tegak

Bila Anda kerap menunduk untuk menatap layar laptop, berarti sudah saatnya beralih ke komputer dengan layar yang lebih tinggi.

Dr Scantlebury menegaskan pentingnya menjaga arah pandangan tetap fokus ke depan untuk menghindari leher dan pundak yang terlalu sering menunduk. Hal itu akan menyebabkan nyeri punggung berkepanjangan serta postur tubuh menjadi tak baik.

3. Perhatikan telinga

Pernah menyadari seperti apa postur tubuh Anda ketika tengah mengetik pesan di ponsel? Kepala Anda akan menunduk dan punggung menjadi melengkung.

Cara mudah untuk mencegah kepala terlalu menunduk ialah dengan menjaga posisi telinga tetap sejajar dengan pundak. Ini akan memperkuat tulang belakang dan mencegah tekanan berlebih pada leher, saran Dr Scantlebury.

 

Hindari menyilangkan kaki

4. Hindari menyilangkan kaki

Cara mudah lainnya menjaga tulang belakang tetap lurus saat Anda duduk adalah menyejajarkan pundak tepat di atas pinggul. Artinya, hindari duduk dengan menyilangkan kaki.

Duduk dengan menyilangkan kaki sepanjang hari bisa berdampak buruk pada tubuh bagian bawah serta tulang belakang.

5. Tinggikan kursi

Bila Anda duduk sepanjang hari di kantor, periksalah apakah kursi Anda terlalu rendah dari meja. Perhatikan apakah siku Anda membentuk sudut 90 derajat ketika mengetik. Bila tidak, Dr Scantlebury menyarankan untuk menaikkan kursi Anda. Ini akan meredakan tekanan pada otot trapezoid bagian atas yang bisa menjadi tegang karena pundak membungkuk.

6. Lakukan peregangan

Bila Anda merasa tubuh mulai membungkuk, ubah posisi menjadi duduk tegak dan letakkan tangan kiri di sisi kanan kepala untuk menekan telinga ke arah kiri bawah. Pertahankan posisi tersebut selama 30 detik lalu lakukan pada arah sebaliknya.

Dr Scantlebury merekomendasikan untuk mengulang gerakan ini dua kali sehari untuk melemaskan leher serta tekanan pada punggung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini