Sukses

Begini Cara Mudah Mengontrol Konsumsi Gula Sehari-hari

Gula, selama mengikuti anjuran Kemenkes RI atau WHO, tidak akan berbahaya apabila dikonsumsi saat kita sedang diet.

Liputan6.com, Jakarta Gula dibutuhkan oleh tubuh kita untuk digunakan sebagai sumber energi. Sebesar apa pun keinginan kita untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diidam-idamkan, kurang tepat bila kita justru memusuhi gula.

"Selama mengikuti anjuran, kita bisa terhindar dari risiko obesitas dan diabetes," kata Dr Marshell dari @tanyadok di #KopdarGula bersama sejumlah komunitas ditulis Minggu (16/4/2017)

Menurut Dr Marshell, kita dapat mengikuti anjuran yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sebesar 50 gram atau empat sendok makan per hari atau berdasarkan rekomendasi dari WHO, tidak lebih dari 25 gram atau dua sendok makan.

Gula tidak hanya berwujud butiran kristal kecil berwarna putih yang umumnya dicampurkan ke dalam segelas minuman untuk menambah rasa manis. Gula pun hadir dalam bentuk-bentuk lainnya.

Gula tersedia dalam bentuk seperti glukosa, sirup jagung, dan madu. "Semua gula, apa pun bentuknya merupakan karbohidrat dan sebagai sumber energi untuk kita," katanya menekankan.

Cara aman agar kita dapat mengontrol konsumsi gula adalah dengan menjatuhkan pilihan hanya menenggak segelas air putih daripada memilih minuman bersoda atau jus dalam kemasan.

Atau mengganti jenis gandum putih dengan whole graine untuk karbohidrat.

Ia menekankan, pemilihan kadar gula yang tepat untuk pola hidup sehat akan mencegah masalah kesehatan dan penyakit yang muncul di kemudian hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini