Sukses

5 Tips Makan Sehat Saat Libur Paskah

Ada lima langkah yang bisa Anda terapkan agar pola makan sehat dan berat badan tetap terjaga selama libur Paskah.

Liputan6.com, Jakarta
Seperti momen hari raya lainnya, Paskah pun identik dengan kumpul keluarga dan biasanya diikuti dengan menikmati berbagai hidangan. Bila tak pandai menyiasatinya, tentu berat badan akan melonjak.

Melansir laman Good Housekeeping, ada lima langkah yang bisa Anda terapkan agar pola makan sehat dan berat badan tetap terjaga selama libur Paskah. Simak tips dari pakar diet Leanne Tee, berikut ini:

1. Awali dengan sarapan sehat

Mengisi perut dengan menu sehat saat sarapan tak hanya memastikan Anda mendapat gizi yang diperlukan, melainkan juga mencegah Anda mengudap sebelum acara santap Paskah.

Sarapan dengan buah favorit yang disajikan sebagai smoothie pun bisa jadi pilihan. Buah-buahan tersebut memberi asupan serat, vitamin, dan mineral yang tubuh perlukan. Tee merekomendasikan membuat smoothie hijau dengan menambahkan kale atau bayam, pisang, serta yoghurt plain.

2. Pilih yang berwarna hijau

Terapkan sistem "go green" untuk pilihan menu Anda. Sayuran segar berwarna hijau seperti brokoli, asparagus, parsnip, baik untuk menyeimbangkan menu dan menjaga tubuh tetap sehat.

3. Tak perlu terburu-buru

Jangan lupa untuk makan perlahan dan nikmati hidangan Anda. Tak perlu terburu-buru menghabiskannya. Otak memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk mengirim sinyal ke seluruh tubuh bahwa Anda telah kenyang. Makan perlahan akan membantu Anda tidak makan berlebih, sehingga Anda pun tak akan menambah makan.

4. Pilih cokelat hitam

Paskah identik dengan cokelat. Jadi, cermatlah ketika memilih hidangan cokelat Paskah. Pilih alternatif cokelat yang lebih menyehatkan.

Dark chocolate atau cokelat hitam memiliki kandungan nutrisi lebih banyak ketimbang cokelat susu serta berfungsi sebagai antioksidan. Meski begitu, jaga asupan cokelat hitam Anda dalam batas aman ya.

5. Pilih cemilan sehat

Seimbangkan asupan kudapan manis Anda dengan cemilan sehat. Tee merekomendasikan buah potong sebagai alternatif cemilan sehat. Anda bisa mengonsumsi apel, pir, anggur, nanas, semangka, atau melon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini