Sukses

Seberapa Sering Anda Harus Mencuci Jeans?

Beberapa orang bisa menggunakan celana jeans mereka sampai berbulan-bulan sebelum mencucinya.

Liputan6.com, Jakarta Kalau harus jujur, kadang kala kita menggunakan celana jeans sampai berminggu-minggu sebelum mencucinya. Apakah itu artinya kuman jadi menumpuk di jeans kita?

Menurut Rachel McQueen, Ph.D., profesor asosiate bidang ilmu tekstil di University of Alberta, Kanada, dengan tidak terlalu sering mencuci jeans sebenarnya Anda sudah melakukan sesuatu yang benar. Mencucinya terlalu sering akan membuat pakaian cepat rusak, terutama katun.

Microflora (misalnya bakteri) bisa berpindah dari kulit ke pakaian. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Kebanyakan bakteri itu datangnya dari kulit, jadi tidak berbahaya.

Efek paling buruk dari tidak mencuci jeans adalah baunya. Jadi gunakan hidung Anda untuk mengetahui, kapan waktu yang tepat untuk memasukkannya ke mesin cucui. Menurut McQueen, beberapa orang bisa menggunakan jeans mereka sampai enam bulan atau lebih, sementara yang lainnya hanya sampai dua minggu.

Di antara waktu mencuci, gantung jeans di tempat terbuka. Udara akan membuat jeans Anda jadi lebih tidak lembap. Melansir Women's Health, Sabtu (15/4/2017).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini