Sukses

Makan Telur Berlebihan Bikin Bau Badan Jadi Amis

Kandungan kolin dalam telur bila dikonsumsi berlebihan dapat menyebabkan bau tak sedap pada seluruh tubuh, termasuk urin dan vagina.

Liputan6.com, Jakarta Meski telur memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi tubuh, sayangnya segala hal yang berlebihan juga memberikan efek samping.

Mengonsumsi telur berlebihan setiap hari rupanya menyebabkan bau tak sedap dari seluruh tubuh. Seperti dikutip Nutrition Facts, Jumat (14/4/2017) biang keladi dari bau tak sedap akibat berlebihan konsumsi telur ternyata datang dari kolin dalam telur.

Kolin merupakan zat gizi yang secara kimia mirip dengan vitamin B, tapi bukan termasuk dalam golongan vitamin. Meski bukan tergolong vitamin, kolin termasuk nutrisi esensial bagi tubuh manusia untuk membangun dan merawat sel serta menjalankan fungsi otot dan saraf.

Telur, ikan, dan kacang-kacangan merupakan jenis makanan yang mengandung kolin tinggi. Namun, American Egg Board berpendapat individu yang mengambil kolin dua kali lebih banyak dapat menyebabkan masalah bau pada badan.

"Terlalu banyak kolin dapat menjadi masalah bau pada napas, urin, keringat, air liur, dan cairan vagina yang bau menyerupai ikan busuk," tulis American Egg Board.

Para peneliti dari Cleveland Clinic juga berpendapat, kelebihan kolin dalam telur menyebabkan plak pada arteri yang bahaya bagi pasien jantung dan stroke.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.