Sukses

Perubahan yang Terjadi pada Payudara Selama Menyusui

Kondisi payudara saat masa menyusui.

Liputan6.com, Jakarta Ibu hamil harus menyadari, payudara bisa tumbuh membesar selama masa kehamilan. Anda juga dapat melihat banyak perubahan lain pada payudara ketika menyusui.

Sesuai dikutip dari The Health Site, Kamis (13/4/2017), ginekolog Dr Arundhati Dhar memberitahu soal perubahan payudara selama masa menyusui.

Selama masa menyusui, kulit di sekitar puting muncul benjolan kecil dan mulai menjadi lebih gelap. Perubahan warna ini adalah cara alami mengarahkan bayi untuk menyusui.

Benjolan kecil di sekitar puting juga mensekresikan zat berminyak untuk melumasi, membersihkan, dan melindungi puting dari infeksi selama menyusui.

Payudara yang berbau seperti cairan ketuban akan membuat bayi bergerak menuju bau tersebut setelah lahir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesemutan

Kesemutan

Ketika menyusui, Anda mungkin merasa sedikit kesemutan dan sensasi terbakar di payudara. Perasaan ini adalah normal dan hilang dalam beberapa waktu.

Anda juga mungkin memerhatikan, ASI menetes dan muncrat. Menyusui bayi dapat mencegah nyeri karena payudara membesar.

Selain itu, Anda juga mungkin mengalami beberapa kontraksi di perut ketika menyusui selama beberapa hari pertama sejak melahirkan. Hal ini karena hormon oksitosin (hormon merangsang kontraksi) bekerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.