Sukses

Serunya Berwisata Kebun Organik di Rumah Kayu Permaculture

Beginilah keseruan peserta yang mengikuti wisata kebun organik.

Liputan6.com, Jakarta Tiga puluh empat orang tampak semangat mengikuti wisata kebun organik. Meski hujan deras mengguyur lokasi acara, tidak menyuruti semangat peserta mengikuti program lanjutan pelatihan berkebun organik yang diselenggarakan SDF pada Sabtu (18/3/2017)

Tujuan wisata kebun organik kali ini adalah Rumah Kayu Permaculture (RKP) di Desa Padaasih, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Semua tamu yang baru saja sampai langsung disuguhkan aneka olahan dari kebun organik yang direbus beserta teh hangat yang cocok untuk menghangatkan tubuh peserta.

Sambil menunggu hujan reda, fasilitator sekaligus pemilik RKP, Kang Luky menyampaikan materi singkat mengenai praktik berkebun organik. Seluruh tamu yang hadir pun diberi kesempatan untuk bertanya terkait praktik berkebun yang bisa dilakukan di rumah masing-masing.

Antusiasme peserta begitu besar. Semua terasa saat kang Luky dibrondongi banyak pertanyaan seakan tak ada habisnya.

Praktik berkebun dimulai saat hujan reda dan langit cera. Peserta belajar bagaimana mencangkok tanaman, menanam tanaman dengan baik dan benar, panen bersama, termasuk membuat pupuk organik.

Dan peserta diajak membuat produk olahan hasil kebun sendiri,seperti es krim buah naga, wortel, dan olahan dari ubi. Rupanya, membuat es krim buah dan sayuran tidak begitu sulit. Ini bisa menjadi solusi untuk anak-anak yang tidak menyukai sayur maupun buah.

Saat paling menyenangkan pun tiba. Saat kang Luky mengizinkan peserta memanen berbagai tanaman seperti kangkung, jambu, paprika, tomat.

Berikut keseruan para peserta yang mengikuti wisata kebun organik.

Wisata Kebun Organik

Wisata Kebun Organik

Wisata Kebun Organik

Wisata Kebun Organik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.