Sukses

Terlalu Rakus Makan Kedelai, 4 Bahaya Ini Mengintai Kita

Mengonsumsi kedelai dalam jumlah berlebihan setiap hari dapat meyebabkan empat bahaya berikut ini pada tubuh manusia.

Liputan6.com, Jakarta Tiap jenis makanan tentu memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing begitupun dengan kedelai. Makanan satu ini biasanya dikonsumsi dalam bentuk olahan seperti susu, kecap, dan tempe. Meski bahan makanan ini baik untuk kesehatan, tapi mengonsumsi kedelai berlebihan juga ada efek buruknya lho...

Seperti dikutip laman Huffington Post, Selasa (11/4/2017) menemukan studi dari asupan kedelai yang berlebihan dikaitkan dengan gangguan pencernaan, kerusakan sistem kekebalan tubuh, disfungsi tiroid, penurunan kognitif, gangguan reproduksi dan infertilitas - bahkan kanker dan penyakit jantung.

Berikut sembilan bahaya yang mengintai tubuh jika berlebihan mengonsumsi kedelai :

1. Mengonsumsi kedelai berlebihan dapat meningkatkan kandungan trypsin inhibitor masuk dalam tubuh yang pada akhirnya mengganggu pencernaan protein dan dapat menyebabkan gangguan pankreas.

2. Goitrogens dalam kedelai jika dikonsumsi berlebihan dapat menghalangi sintesis hormon tiroid dan menyebabkan hipotiroidisme dan kanker tiroid. 

3. Isoflavon yang ditemukan dalam kedelai dapat memblokir estrogen dan mengganggu fungsi endokrin, sehingga menyebabkan infertilitas, dan meningkatkan risiko kanker payudara.

4. Aluminium dan mangan dalam kedelai mengandung kadar tinggi aluminium yang jika dimakan berlebihan dapat meracuni sistem saraf dan ginjal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Kedelai adalah salah satu jenis kacang yang bisa diolah menjadi beberapa jenis makanan dan minuman.

    Kedelai

Video Terkini