Sukses

Konsumsi Seledri untuk Turunkan Kadar Kolesterol

Punya masalah dengan kolesterol dianjurkan konsumsi seledri. FDA menyebut, seledri rendah kalori, karbohidrat, lemak, dan kolesterol

Liputan6.com, Jakarta Serat yang terkandung di seledri membantu individu yang punya masalah dengan kolesterol. Ketika masuk ke dalam tubuh, serat akan mengambil kelebihan senyawa kolesterol di usus, kemudian mendorongnya keluar melalui proses eliminasi.

Melihat fakta-fakta nurtrisi yang terdapat pada seledri, berdasarkan data yang dibuat US Food and Drug Administration, secara alami seledri termasuk sayuran maupun makanan yang rendah kalori, karbohidrat, lemak, dan kolesterol.

Lemak hanya 0 gram, kolesterol 0mg, karbohidrat hanya 1 gram, pun gulanya hanya 1 gram. Satu batang seldri, dengan tinggi batang tujuh sampai delapan inci, memiliki kalori 6 kkal.

Ahli Gizi di Orlando, Florida, Megan Ware, mengatakan, meski vitamin dan mineral tidak terlalu tinggi, tapi kandungan air yang terdapat di seledri hampir 95 persen. Dan, 30 persen asupan vitamin K yang dibutuhkan tubuh, dapat terpenuhi bila kita mencamil satu batang seledri.

Terkait seledri dapat menurunkan kolesterol, para peneliti menggunakan hasil studi menggunakan hewan.

Sebab, penelitian mengenai adanya hubungan antara seledri dan kolesterol pada manusia masih terbatas.

Kepada The New York Times, para peneliti dari University of Chicago membeberkan hasil studinya.

Mereka menemukan adanya bahan kimia, yang disebut Phtalide, di dalam seledri yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat sebesar tujuh persen dan tekanan darah sebesar 14 persen.

Phthalide dapat menurunkan hormon stres dalam darah, sehingga pembuluh darah menjadi lancar, dan darah mengalir ke seluruh tubuh.

Seperti dikutip dari situs Live Science, Selasa (11/4/2017), studi lain yang dipublikasikan dalam Farmakognosi Magazine, melihat efek seledri dapat membantu menurunkan LDL, trigliserida, dan meningkatkan kolesterol baik pada tikus.

Sedangkan penelitian yang melibatkan manusia, seperti yang diterbitkan di Natural Medicine Journal, esktra biji seledri yang diberikan kepada pasien hipertensi ringan sampai sedang selama enam minggu, terlihat jelas adanya penurunan tekanan darah. Termasuk kolesterol.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini