Sukses

Orang yang Sering Migrain Rentan Alami Gangguan Cemas

Seseorang yang sering migrain dua kali lebih rentan alami gangguan cemas.

Liputan6.com, Jakarta Migrain atau sakit kepala sebelah memang tidak menyenangkan. Dampak lainnya, orang migrain rupanya cenderung mudah cemas.

Menurut studi yang dilakukan peneliti dari University of Toronto, Kanada, mereka yang sering migrain cenderung tiga kali mengalami gangguan cemas (anxiety) dibandingkan yang jarang alami migrain. Pria yang sering migrain cenderung alami kecemasan dibandingkan wanita.

"Kami terkejut dengan hasil studi karena pada umumnya wanita yang sering mengalami migrain. Namun yang rentan alami gangguan kecemasan dalam studi ini adalah pria," kata salah satu peneliti, Esme Fuller-Thomson.

Ada banyak kemungkinan yang membuat migrain bisa menyebabkan kecemasan seperti biologis, lingkungan, dan emosional seperti mengutip Huffington Post, Selasa (11/4/2017).

Biasanya orang-orang migrain yang sering mengalami kecemasan itu yang memiliki penyakit kronis serta mereka yang kesulitan mengatur urusan rumah tangga.

Lewat hasil studi ini peneliti menyarankan agar para petugas medis peduli juga akan kesehatan mental pasien migrain. Bisa jadi pasien migrain juga mengalami gangguan mental yakni gangguan cemas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.