Sukses

Harapan Hidup Pasien Kanker Payudara Dilihat dari Stadiumnya

Liputan6.com, Jakarta Kanker payudara, salah satu kanker yang mematikan, dapat dicegah apabila telah terdeteksi sejak dini. Jika sudah masuk ke dalam tahap stadium lanjutan, dampaknya tidak hanya memengaruhi kualitas hidup pasien kanker saja, tetapi dapat menyebabkan kematian.

Berikut ini merupakan stadium kanker payudara yang perlu diketahui seperti dikutip dari situs Breastcancer.org, Senin (10/4/2017).

Stadium 1

Stadium ini perkembangan kanker masih kecil. Tahap ini juga bisa ditemukan limpa nodus atau kelenjar getah bening yang dekat dengan area payudara.

Peluang harapan untuk hidup pada stadium ini sebesar seratus persen dibandingkan dengan stadium lain. Pada tahap ini perkembangan kanker masih kecil dan bisa ditangani dengan baik bila cepat diobati.

  • Stadium 1A

Tumor yang muncul sebesar 2 sentimeter atau lebih kecil dan belum tersebar pada bagian luar payudara. Belum ditemukan limpa nodus di dalam tahap ini.

  • Stadium 1B

Tidak ada tumor yang ditemukan dalam tahap ini tapi adanya kumpulan sel-sel kanker pada payudara yang dekat dengan area limfa nodus.

Stadium 2

Stadium ini juga masuk ke dalam tahapan awal kanker payudara, di mana sel kanker sudah berkembang pada bagian limfa nodus, payudara, atau bahkan dalam kedua area tersebut. Dalam tahapan ini angka harapan hidup dapat mencapai 80 sampai dengan 90 persen.

  • Stadium 2A

Bisa muncul tumor sebesar dua sentimeter atau kurang, serta bisa tidak timbul tumor sama sekali. Namun, sel kanker sudah berkembang pada satu sampai tiga limfa nodus yang dekat dengan bagian ketiak sampai dengan tulang dada. Tanda lainnya yang bisa terjadi adalah sel kanker sudah bisa tumbuh lebih dari dua sentimeter sampai dengan lima sentimeter.

  • Stadium 2B

Hampir sama dengan ciri-ciri pada stadium 2A tapi bisa ditandai dengan tumor yang bisa tumbuh lebih dari lima sentimeter.

Stadium 3

Dalam tahap ini sel kanker sudah menyebar pada bagian payudara, limfa nodus, sampai dengan permukaan kulit payudara. Stadium tiga bisa dikenal sebagai tahap lanjutan. Angka harapan hidup dapat mencapai 50 atau 60 persen.

  • Stadium 3A

Bisa tidak muncul tumor atau munculnya tumor pada empat sampai dengan sembilan limfa nodus pada bagian ketiak sampai dengan tulang dada. Tumor dapat mencapai lebih dari lima sentimeter.

  • Stadium 3B

Tumor sudah menyebar pada bagian dinding dan kulit payudara sehingga muncul adanya pembengkakan serta pemborokan. Pemborokan terjadi pada kulit payudara bisa disebabkan karena peradangan akibat sel kanker.

  • Stadium 3C

Kondisi gabungan antara 3B dan 3C, di mana tumor pada kondisi ini dapat tumbuh dalam ukuran apapun. Sel kanker sudah berkembang sampai dengan tulang selangka.

Stadium 4

Angka harapan hidup pasien kanker payudara dalam stadium ini hanya mencapai 20 sampai dengan sepuluh persen. Di mana kondisi sel kanker telah menyebar pada anggota tubuh lain seperti paru-paru, tulang, liver serta otak.

Reporter: Aida Tifany

 

Artikel Selanjutnya
Idap Kanker Payudara, Renita Sukardi Wafat Saat Terapi Radiasi
Artikel Selanjutnya
Terapi Ini Bukti Pengobatan Kanker Payudara Semakin Maju