Sukses

6 Hal Ini Bakal Jadi Bumerang Jika Diunggah di Media Sosial

Tiap individu harus pintar-pintar menggunakan media sosial dan enam hal ini yang tidak boleh diunggah dalam akun media sosial Anda.

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran media sosial di zaman yang semakin canggih dan modern ini bukan sekadar untuk hiburan semata, terkadang media sosial sudah menjadi kebutuhan tiap anak, remaja, dan dewasa. Sayangnya, jika tidak pintar menggunakannya, bahaya justru dapat mengintai Anda dan keluarga.

Melansir laman Pop Sugar, Senin (10/4/2017) enam hal ini harus diketahui setiap orang dalam penggunaan media sosial. Semua hal baik tulisan dan foto yang diunggah dalam akun media sosial Anda bisa menjadi informasi bagi penjahat Cybercrime.

1. Alamat rumah dan kantor
Sebagian besar individu tentu pernah mengabadikan foto di tempat kerja atau beberapa sudut rumah, lalu mengunggahnya ke media sosial. Sekadar foto sebenarnya tak masalah, tapi yang jadi perkara ketika Anda melakukan "check in" dan melengkapi foto dengan geotag. Aktivitas ini dapat menggiring keberadaan Anda dengan mudah menuju rumah atau kantor.

2. Kartu kredit dan finansial pribadi
Informasi yang sangat pribadi ini benar-benar harus Anda jaga kerahasiaannya. Bahkan percakapan di kolom komentar terkait finansial Anda dan keluarga merupakan informasi yang bisa dikulik lebih lanjut oleh para hacker.

3. Rencana dan informasi liburan
Saking senangnya, terkadang seseorang lupa bahwa mengunggah seluruh rencana liburan seperti tujuan, tanggal keberangkatan, hingga boarding pass bisa menjadi bumerang sendiri. Karena informasi ini bisa dipergunakan untuk melacak keberadaan Anda juga disalahgunakan.

4. Petunjuk kata sandi
Sering kali individu menggunakan kota kelahiran, tanggal kelahiran, nama hewan peliharaan, dan informasi pribadi lainnya sebagai kata sandi. Informasi spesifik seperti ini sebaiknya tidak diketahui oleh banyak orang, terutama teman di media sosial Anda. Risikonya bisa jadi akun pribadi Anda diretas.

5. Foto pribadi
Jangan sesekali nekat untuk mengunggah juga mengirim foto pribadi di semua akun media sosial Anda. Meskipun Anda sudah menghapusnya, tapi risiko terduplikati oleh hacker bisa saja terjadi dan tidak aman.

6. Foto anak
Hindari untuk tidak mengunggah sekolah dan informasi pribadi lainnya terkait anak di media sosial, terutama jika mereka sedang pergi sendiri atau jauh dari pengawasan Anda. Hal tersebut memudahkan kejahatan mengancam anak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini