Sukses

Kenapa Mudah Mengantuk Usai Makan Siang?

Alih-alih berenergi, mata terasa begitu berat dan mengantuk usai makan siang. Apa penyebabnya?

Liputan6.com, Jakarta Usai makan siang, tubuh mendapat asupan nutrisi dan energi untuk kembali melanjutkan aktivitas. Namun, alih-alih berenergi, mata terasa begitu berat dan kantuk pun menyerang. Apakah Anda kerap merasakan hal ini? Bila ya, Anda tak sendiri, ada banyak individu mengalami hal yang sama.

Melansir laman Times of India, Senin (10/4/2017), ahli nutrisi dan fitnes, Luke Countinho menjelaskan ada dua hal yang menyebabkan seseorang mudah mengantuk usai makan siang. Pertama, ketika makanan yang diasup lebih banyak dari yang diperlukan tubuh maka kadar insulin meningkat tajam. Menurut Coutinho, meningkatnya pelepasan insulin juga akan memicu produksi hormon tidur. Itulah yang menyebabkan Anda mengantuk usai makan siang.

"Ketika Anda makan lebih dari yang diperlukan tubuh, kadar insulin Anda akan melonjak. Apapun makanan yang Anda konsumsi, pankreas memproduksi insulin untuk mengontrol kadar gula darah. Ketika Anda makan lebih banyak, pankreas juga harus memproduksi lebih banyak insulin. Dengan meningkatnya pelepasan insulin, ada dua hal yang terjadi, tubuh Anda memproduksi hormon tidur dan hormon itu mencapai ke otak yang kemudian dimetabolisme menjadi serotonin dan melatonin. Melatonin ini juga merupakan hormon tidur," jelas Coutinho.

Begitu pula saat Anda mengonsumsi menu tinggi karbohidrat saat makan siang. Tubuh akan mengeluarkan banyak energi untuk mencerna makanan berat tersebut.

"Saat Anda makan berlebihan, sistem pencernaan Anda menggunakan 60-75 persen energi tubuh untuk mencerna makanan. Oleh karenanya tubuh Anda mengalihkan energi dari anggota tubuh lainnya pada sistem pencernaan," ujar Coutinho.

Saat tubuh harus mengeluarkan banyak energi untuk mencerna makanan itulah yang menyebabkan kantuk datang. Tak hanya menu tinggi karbohidrat yang menyebabkan Anda mengantuk usai makan siang, menu kaya protein pun berdampak sama.

Jadi, baiknya hindari makan berlebih serta menu tinggi karbohidrat atau protein saat makan siang agar tak mudah mengantuk setelahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini