Sukses

5 Rahasia Orang yang Selalu Langsing 09 April 2017

Untuk bisa mendapatkan tubuh langsing, tentu ada caranya. Berikut rahasia mereka yang badannya selalu langsing.

Liputan6.com, Jakarta Anda tentunya pernah menemukan orang-orang yang selalu langsing tak peduli apapun yang mereka lakukan. Beberapa orang memang memiliki metabolisme yang sangat baik, namun sebuah studi baru dari Cornell's Food and Brand Lab berhasil menemukan beberapa alasan lain.

"Kebanyakan orang yang langsing tidak menjalankan diet ketat atau menerapkan pola hidup sehat yang berat untuk menjaga berat badan sehat," kata Dr. Brian Wansink, salah satu penulis penelitian ini. "Namun, mereka menerapkan kebiasaan sehat yang mudah, seperti tidak melewatkan sarapan dan mendengarkan pada tanda tubuh."

Seperti menjalankan kebiasaan sehat yang sederhana merupakan kunci untuk menjaga kesehatan tubuh. Para peneliti menganalisis 147 orang dewasa yang berpartisipasi dalam Global Healthy Weight Registry, sebuah database online dimana para respondennya melaporkan kebiasaan olahraga, pola hidup, dan pola makan mereka.

Jawaban para responden ini memiliki satu hal yang sama, rutinitas adalah kuncinya. Untuk banyak orang, rutinitas adalah kunci kesuksesan. Ketika kebiasaan hidup sehat sudah menjadi kebiasaan hidup sehari-hari, Anda tidak akan merasa berat menjalankannya.

Inilah lima kebiasaan sehat dan sederhana yang dilakukan oleh mereka yang sehat dan langsing, seperti dilansir dari Huffington Post, Minggu (9/4/2017):

1. Mereka selalu sarapan

sebanyak 96 persen partisipan mengatakan mereka sarapan hampir setiap hari. Walaupun masih diperdebatkan apakah memang benar sarapan adalah makanan paling penting setiap hari, tidak ada yang bisa membatah kepentingannya.

Penelitian mengatakan orang yang melewatkan sarapan mengonsumsi lebih banyak kalori saat makan siang.

Melewatkan sarapan dihubungkan dengan kenaikan berat badan seiring waktu.

2. Mereka berolahraga

Empat puluh dua partisipan mengatakan mereka berolahraga lima kali atau lebih dalam seminggu. Berolahraga memiliki efek positif bagi tubuh dan otak, termasuk mengurangi stres dan simpton depresi, sekaligus menurunkan risiko diabetes dan kondisi lainnya.

Salah satu efek positif olahraga, hal ini membuat Anda menginginkan pola makan yang lebih sehat.Solusi yang sangat baik jika Anda ingin menurunkan berat badan.

Aliran endorfin yang Anda dapatkan dari berolahraga bisa membantu Anda menolak godaan makanan tak sehat.

3. Mereka memiliki timbangan

Orang-orang yang langsing selalu mengecek diri mereka, termasuk rutin menimbang berat badan. Sebuah studi baru menemukan, menimbang berat badan Anda setiap hari adalah latihan yang bagus untuk menurunkan dan mempertahankan berat badan yang sehat.

"Menaiki timbangan Anda harusnya sama seperti menggosok gigi," kata David Levitsky, seorang profesor nutrisi dan psikologi di Cornell University pada USA Today.

Walaupun angka di timbangan Anda hanyalah suatu ukuran, tapi hal ini bisa mengindikasikan progres Anda menuju gaya hidup yang lebih sehat.

Namun, bagi beberapa orang, menimbang berat badan bisa menjadi masalah karena menimbulkan rasa kalah dan bersalah. JIka hal ini menganggu Anda dan jadi lebih merugikan, percayalah pada insting Anda dan lewatkan hal ini.

4. Mereka tidak membatasi apa yang mereka makan

Menurut penelitian, 44 persen partisipan mengatakan mereka tidak memiliki batasan dalam menu makanan. Namun mereka menetapkan kebiasaan makan yang sehat, seperti: memakan makanan bermutu tinggi, tidak terlalu banyak diproses, dan memasak di rumah.

Ketika kebiasaan tadi mengarah pada gaya hidup sehat. Jika Anda di kantor dan lapar sesudah makan siang, jangan mencemil makanan tinggi gula.

Bawalah makanan dari rumah untuk membantu Anda mengurangi kalori sekaligus pengeluaran

5. Mereka memikirkan makanan mereka

Orang yang terlihat dan merasa sehat biasanya tidak membatasi diri mereka dengan diet yang ketat, namun mereka memikirkan apa yang mereka masukkan dalam tubuh.

Sementara ada 74 persen responden yang mengatakan mereka hampir tidak pernah berdiet, 92 persen mengatakan mereka cukup menyadari apa yang mereka makan. Hal ini menyiratkan, mereka yang langsing tidak memiliki kebiasaan untuk makan hanya karena mereka bosan atau untuk alasan lain selain lapar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini