Sukses

5 Bahan Kimia yang Perlu Dihindari Sebelum Beli Produk Kecantikan

Belanja produk perawatan kulit atau kecantikan harus dilakukan hati-hati dengan memperhatikan isi dan komponen kimianya.

Liputan6.com, Jakarta Belanja produk perawatan kulit atau kecantikan harus dilakukan hati-hati dengan memperhatikan isi dan komponen kimianya.

Memilih produk untuk kulit juga dilakukan seperti makanan. Sebab tak jarang, ada beberapa kondisi kulit seperti, iritasi dan beberapa mengalami  luka bakar akibat penggunaan kosmetik tertentu.

Untuk itu, cari tahu lima bahan kimia yang perlu dihindari agar tidak merusak kulit, seperti dikutip dari situs Pulse, Sabtu (9/4/2017):

1. Parabens

Parabens digunakan sebagai pengawet dalam produk perawatan kulit. Bahan kimia ini biasa terdaftar sebagai Butyl, Methyl, Propyl yang kerap dikaitan dengan gangguan hormon pria dan wanita.

2. Benzyl Peroksida

Bahan kimia ini umum digunakan untuk mengobati jerawat. Namun tak jarang menyebabkan iritasi kulit.

3. Propylene Glycol, Butyl Glycol

Ini adalah bahan plastik minyak bumi yang diperlukan untuk pembuatan sarung tangan, kacamata dan perlengkapan lainnya. Bahan kimia ini sering dikaitkan dengan iritasi serta risiko kanker kulit.

4. Pigmen dan pewarna

Warna dalam perawatan kulit produk atau makeup sintetis cenderung menyebabkan iritasi kulit.

5. Triclosan

Triclosan adalah bahan antibakteri sintetik. Bahan ini tidak direkomendasikan digunakan setiap hari karena akan menghilangkan bakteri baik di tubuh sehingga memicu datangnya penyakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini