Sukses

Makanan yang Tepat untuk Setiap Jenis Olahraga

Liputan6.com, Jakarta Saat akan berolahraga, penting sekali untuk mengonsumsi makanan yang tepat sebelum dan sesudahnya. Namun tahukah Anda, bahwa setiap jenis olahraga memiliki rekomendasi makanan yang berbeda-beda?

Jika Anda belum mengetahuinya, coba simak beberapa rekomendasi makanan berdasarkan jenis olahraganya, menurut enam pelatih fitnes profesional di New York, seperti dilansir dari Purewow, Jumat (31/2/2017):

1. Yoga

“Saya menyarankan untuk mengonsumsi oatmeal dan buah beberapa jam sebelum kelas yoga dimulai, sehingga saat berlatih nanti, perut Anda tidak terlalu kosong. Lalu setelah kelas selesai, makanan seperti biji-bijian dan protein yang sehat merupakan pilihan yang baik,” ujar seorang instruktur yoga di Y7 Yoga studio, Joanna Cohen.

2. Olahraga dayung

“Sebelum melakukan olahraga dayung, saya sarankan agar Anda mengosumsi telur rebus dan sepotong buah, idelanya antara tiga jam dan 30 menit menjelang olahraga," kata seorang pelatih dayung di Row House di New York, Gretchen Raddatz.

Tujuannya agar tubuh mendapat protein dan karbohidrat. Lalu setelahnya, ia menyarankan untuk segera kembali mengonsumsi makanan berkarbohidrat dan protein secepatnya. Bisa dengan mengonsumsi ikan salmon atau ayam dengan nasi merah serta sayuran. Selain itu salad pun juga bisa, yang isinya bayam atau kale, ayam atau buncis, brokoli, buah zaitun, quinoa, dan sedikit balsamic vinegar, serta minyak zaitun.

HIIT

3. HIIT

“Sekitar 45 menit atau sejam sebelum olahraga, cobalah konsumsi makanan yang merupakan kombinasi karbohidrat dan protein yang dapat langsung memberikan Anda energi, seperti pisang dengan selai kacang, roti gandum dengan selai almond, greek yoghurt, ataupun smoothie yang kaya protein," ujar seorang instruktur HIIT di The Fhitting Room, New York, Jess Sims.

Lalu dalam waktu 45 menit setelah olahraga, coba isi kembali bahan bakar tubuh dengan makanan ringan yang kaya protein, bisa juga makanan seperti oatmeal dengan buah dan kacang, telur dengan avokad, atau ayam panggang dengan ubi jalar. Selain itu, jangan lupa minum air putih yang cukup.

4. Tinju

“Sebelum mulai olahraga tinju, saya menyarankan untuk makan sepotong buah seperti pisang, atau makanan berkarbohidrat kompleks untuk mendapatkan energi seperti oatmeal. Lalu setelahnya, saya sarankan untuk makan telur yang akan membantu memulihkan tubuh Anda, serta avokad yang sangat baik untuk membantu memperbaiki otot setelah berolahraga,” ujar seorang pelatih olahraga tinju di Rumble, New York, Ashley Guarassi.

Crossfit dan Spinning

5. Crossfit

“Sebelum latihan, saya mendorong atlet untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks, favorit saya adalah oat yang digulung dengan selai kacang dan biji chia, dimakan 45 hingga 60 menit sebelum latihan," kata pelatih di WillyB CrossFit, Brooklyn, Jared Stein.

Lalu mungkin 20 hingga 30 menit lagi sebelum latihan, karena kuncinya bukan berolahraga dengan perut kosong, tetapi perut Anda sedikit terisi. Kemudian satu jam setelah olahraga, ia suka makanan berprotein tanpa lemak, sayur-sayuran seperti bayam atau kale,  serta sayuran lain seperti ubi jalar, brokoli, atau kubis Brussel.

6. Spinning

“Sebelum memulai kelas spinning, saya saranakan untuk makan sesuatu yang ringan tetapi dengan karbohidrat yang cepat terbakar, sehingga tubuh mendapatkan energi. Buah, adalah pilihan makanan yang dapat segera dimakan," ujar kepala instruktur di Swerve Fitness, Dyan Tsiumis.

Lalu dalam 30 menit setelah kelas spinning selesai, konsumsi makanan yang merupakan campuran protein dan karbohidrat untuk mengisi kembali bahan bakar tubuh dan mengembalikan glikogen. Contohnya seperti smoothie yang kaya protein ataupun ayam panggang dengan sayuran. (Tassa Marita. F)

Artikel Selanjutnya
Ini Makanan Terbaik untuk Disantap Sebelum dan Sesudah Olahraga
Artikel Selanjutnya
Jeda Waktu yang Ideal untuk Mulai Olahraga Setelah Makan