Sukses

Ketika Puber, Kenapa Bau Badan Remaja Jadi Sangat Menyengat?

Masuki usia puber baik remaja putra dan putri memiliki bau badan sangat menyengat. Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta Bau badan tak hanya dialami oleh wanita dan pria dewasa, tetapi di usia puber baik remaja putra dan putri juga memiliki bau badan sangat menyengat. Bahkan penggunaan deodoran atau produk wewangian lainnya juga tak mampu menyingkirkan bau badan para remaja.

Lantas, apa penyebab bau badan remaja?

Menurut American Academy of Family Physicans, remaja usia delapan hingga 14 biasanya akan mengalami hal ini yang disebabkan oleh perubahan hormon. Usia puber, kelenjar yang mengontrol keringat menjadi lebih aktif sehingga kemungkinan menumpuknya bakteri akan lebih tinggi.

Dikutip dari Teen Zeen, Sabtu (8/4/2017) biasanya bau badan yang dialami remaja berasal dari ketiak, selangkangan dan pada kulit kepala. Pada bagian tersebut produksi lemak juga meningkat dan menarik bakteri dalam keringat menjadi lebih mudah.

Selain perubahan hormon, hal yang mendukung bau badan remaja ialah kurangnya kesadaran diri untuk membersihkan tubuh mereka dengan ekstra. Kegiatan di luar ruangan yang terlalu banyak menyebabkan produksi keringat jauh lebih banyak dan bau badan pun terjadi.

Bahkan menurut sebuah penelitian, penyebab eksternal bau badan yang dialami remaja terjadi karena tekanan mental atau emosional dan mengalami kecemasan juga kegugupan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini