Sukses

6 Tips Diet Sehat untuk Wanita Usia 30-an

Liputan6.com, Jakarta Memasuki usia 30-an tahun, perubahan kesehatan pada wanita mulai terjadi. Baik hormon dan permasalahan kesehatan lain, termasuk osteoporosis. Anda mungkin akan merasa tubuh tidak lagi seperti di kala usia 20-an tahun.

Untuk mengatasi kondisi tersebut, diet makanan yang tepat sesuai usia 30-an tahun dapat dilakukan. Sesuai dilansir dari laman NDTV, Minggu (9/4/2017), ada beberapa tips diet untuk wanita usia 30-an tahun.

1. Meningkatkan metabolisme

Salah satu kecemasan wanita yang baru mencapai usia tiga puluhan adalah tingkat metabolisme. Wanita perlu merencanakan diet untuk menjaga metabolisme tinggi. Menjaga metabolisme dapat membantu memerangi penuaan yang terjadi pada usia tersebut.

Ahli Gizi, Anju Sood mengatakan, asupan gizi seimbang pada wanita usia 30-an harus berupa tiga nutrisi utama, termasuk karbohidrat, protein dan lemak.

Anda perlu meningkatkan asupan protein untuk meningkatkan tingkat metabolisme dan kalori yang terbakar.

2. Penuhi serat

Makanan serat tinggi untuk mengatur kadar gula darah dan metabolisme sangat dibutuhkan wanita usia 30-an. Diet seimbang yang kaya buah-buahan dan sayuran sesuai untuk usia ini. Hindari makanan olahan dan lemak jenuh demi berat badan.

1 dari 3 halaman

Hormon berfungsi lebih baik

3. Hormon berfungsi lebih baik

Ketika Anda memasuki usia 30 tahun, fungsi hormon mengalami perubahan drastis. Ada baiknya mengonsumsi lebih banyak adaptogen (tanaman herbal) seperti ashwagandha, tulsi dan bubuk matcha.

Tanaman tersebut mampu menjaga kadar hormon. Berry bisa menjadi pilihan, yang dapat menyeimbangkan hormon.

4. Membangun energi

Konsumsi makanan yang kaya zat besi. Wanita cenderung kehilangan zat besi di tiap periode menstruasi. Oleh karena itu, setelah melahirkan, wanita perlu menambahkannya kembali zat besi dalam diet. Pilihlah kacang, kacang polong, biji labu, sayuran hijau, daging merah, dan kismis.

2 dari 3 halaman

Merencanakan keluarga

5. Jika berencana untuk memulai sebuah keluarga

Seperti kebanyakan wanita pada usia 30 tahun juga berencana untuk hamil, sehingga zat besi dan asam folat menjadi penting. Folat adalah vitamin yang dibutuhkan untuk mencegah bayi lahir cacat.

Wanita yang merencanakan kehamilan harus mencukupi kadar yodium, zat besi, dan asam folat untuk menghindari komplikasi dan melindungi bayi selama kehamilan. Pilihlah kacang-kacangan, sayur-sayuran berdaun hijau, seperti bayam dan buah jeruk. 

6. Kesehatan tulang lebih baik

Masalah umum terkait wanita di usia 30-an juga soal kesehatan tulang. Semakin berumur, tingkat estrogen menurun--yang memengaruhi kepadatan tulang. Oleh karena itu, asupan kalsium perlu ditingkatkan dengan memperbanyak vitamin D.

Wanita membutuhkan sekitar 1000mg kalsium per hari. Sumber kalsium yang baik diperoleh dari susu, keju, dan brokoli.

Artikel Selanjutnya
5 Trik Agar Perut Tak Buncit Usai Lebaran
Artikel Selanjutnya
Tangkal Efek Buruk Makanan Lebaran dengan Kayu Manis