Sukses

4 Hal yang Terjadi Saat Anda Rajin Bersihkan Rumah

Liputan6.com, Jakarta Saat rumah bersih dan rapi, pastinya hal ini akan membuat Anda bahagia. Namun, tahukah Anda, bahwa ada hal-hal lain yang dapat terjadi pada pikiran dan tubuh jika rajin membersihkan rumah?

Jika belum mengetahuinya, berikut ini adalah empat hal tersebut, seperti yang dilansir dari Purewow, Jumat (31/3/2017):

1. Anda akan mendapatkan tidur yang berkualitas

Sebuah studi yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, menemukan bahwa 75 persen subjek penelitiannya tidur berkualitas karena tempat tidurnya bersih dan rapi.

“Tidur di tempat tidur yang rapi dan bersih akan meningkatkan kenyamanan dan mempromosikan relaksasi. Rasa nyaman tersebut nantinya akan membuat tubuh Anda melepaskan serotonin yang akan membuat tidur menjadi nyenyak dan berkualitas,” ujar seorang ahli kebersihan, Michael Meadows.

2. Stres dan depresi berkurang

Menurut studi dalam Personality and Social Psychology Bulletin, wanita yang tinggal dalam rumah yang berantakan, dilaporkan secara signifikan mengalami tingkat stres yang lebih tinggi dalam kehidupan sehari-harinya. Mengapa bisa? Diduga karena tampilan rumah yang berantakan akan membuat tubuh tidak mampu mengimbangi hormon kortisol (hormon stres primer).

“Jadi, rumah yang bersih sebenarnya dapat mengurangi risiko depresi Anda," ujar Meadows.

3. Anda lebih termotivasi untuk berolahraga

“Jika Anda rajin membersihkan rumah setiap hari, tanpa harus menunggu lantai atau perabotan berdebu dan berantakan dulu, maka secara alami Anda akan menemukan lebih banyak waktu untuk berolahraga," kata Meadows.

4. Kesehatan fisik Anda akan meningkat

Jika Anda memiliki alergi atau sering pilek, mungkin rumah Anda yang berantakan bisa menjadi sumbernya. “Rutin membersihkan rumah dapat membantu menghilangkan bakteri, virus, debu, bulu, dan serbuk sari yang memiliki dampak negatif pada kesehatan dan dapat memperparah alergi Anda,” pungkas Meadows.

Artikel Selanjutnya
5 Cara Mudah dan Murah Menghilangkan Stres dalam Segala Situasi
Artikel Selanjutnya
Kerap Didera Kantuk Saat Bekerja, Mungkin 7 Hal Ini Penyebabnya