Sukses

Ingin Kongko tapi Selalu Kelelahan Pulang Kantor? Lakukan Ini

Liputan6.com, Jakarta Hari Jumat sudah tiba. Artinya, akhir pekan Anda sudah bisa dimulai malam nanti. Tapi jangankan merasa senang, membayangkan masih harus pergi bertemu orang saja Anda sudah merasa kelelahan.

Sekarang ini, waktu kerja sepertinya semakin panjang. Tak jarang para pegawai meninggalkan kantor mereka rata-rata setelah pukul 7 atau 8 malam. Hal ini tentu membuat tubuh mereka sudah terlanjur kehabisan energi untuk bisa melakukan aktivitas lain selain pulang ke rumah dan beristirahat.

Nah, jika Anda ingin tak melulu kelelahan di akhir hari, ternyata baru saja ada penelitian yang menemukan cara mengatasinya. Menurut sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of Occupational Health Psychology, cobalah untuk berjalan-jalan (jalan kaki) pada waktu makan siang.

Para peneliti ingin melihat apakah pegawai bisa mendapatkan manfaat dari berjalan kaki di siang hari. Mereka menyurvei 100 pekerja dari bidang yang berbeda tentang kebiasaan istirahat makan siangnya. Lalu, para peneliti meminta para pegawai tadi untuk mengubah kebiasaan mereka selama 10 hari berturut-turut.

Setengah dari mereka diminta untuk berjalan-jalan santai ke taman kota terdekat dan fokus pada habitat alami di sekitarnya. Sementara setengah yang lain diminta untuk mencari tempat tenang di dalam gedung kantor dan melakukan serangkaian latihan relaksasi--termasuk bernapas panjang dan teknik pikiran. Kedua aktivitas ini sama-sama dilakukan selama 15 menit, dan dilakukan setelah makan siang singkat.

Di minggu-minggu sebelumnya, selama dan setelah percobaan, para pegawai diminta menilai tingkat kesehatan, seberapa besar mereka menikmati waktu makan siang, dan seberapa jauh mereka bisa menyampingkan pekerjaan saat beristirahat.

Secara keluruhan, para pegawai dari kedua kelompok tadi mengaku mereka jadi lebih memiliki konsentrasi yang baik, sekaligus lebih bugar di sore hari setelah berjalan kaki atau relaksasi. Namun, mereka yang berjalan-jalan ke taman kota juga mengatakan, mereka jadi lebih menikmati waktu makan siang mereka--sesuatu yang tidak dirasakan oleh kelompok kedua.

Para peneliti juga menemukan manfaat dari dua kegiatan tadi sampai ke jam pulang kerja. Pegawai yang melakukan kedua kegiatan tadi jadi lebih berenergi, dan tidak selelah sebelumnya, ujar Marjaana Sianoja, peneliti psikologis dari University of Tampere.

Sianoja menyarankan, bagi pegawai yang tinggal di kota besar atau jauh dari taman kota, bisa memilih teknik relaksasi. Kuncinya adalah pada meluangkan waktu cukup 15 menit saja dan fokus pada diri Anda sendiri.

Selain menambah fokus dan konsentrasi bekerja, hal ini juga bisa meningkatkan kehidupan personal dan sosial Anda dengan cara mengurangi kelelahan. Melansir Health, Jumat (7/4/2017).

Artikel Selanjutnya
Ditinggal Nikah Mantan, Haruskah Langsung Cari Pengganti?
Artikel Selanjutnya
Kisah Haru Dokter Theresia, Berikan RJP Sambil Menangis