Sukses

Ingin Hindari Nasi? 6 Bahan Ini Gantinya

Kebanyakan orang yang sedang menjalankan diet punya musuh utama, yakni nasi sebagai sumber karbohidrat.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang yang sedang menjalankan diet punya musuh utama, yakni nasi sebagai sumber karbohidrat. Padahal sebetulnya tubuh membutuhkan karbohidrat untuk memproduksi energi. Karena itu, jika Anda sama sekali menghindari karbohidrat saat diet, tubuh bakal lunglai akibat kurangnya energi. Ada beragam bahan makanan sumber karbohidrat pengganti nasi yang menyehatkan. Berikut beberapa jenis karbohidrat jika Anda sedang bosan dan ingin menghindari nasi :

Pasta gandum
Sebuah studi yang dilakukan di Inggris menyebutkan, gandum menurunkan indeks massa tubuh serta lemak di daerah perut. Walaupun sehat, Anda perlu tetap membatasi konsumsinya agar tidak berlebihan. Batasi porsi pasta antara 100 – 200 kalori (setara dengan ½ - 1 cup). 1 porsi (55 gram) pasta gandum (yang masih kering) mengandung 198 kalori, 43 gr karbohidrat dan 5 gr serat.

Roti gandum
Roti gandum juga bisa jadi alternatif pengganti karbohidrat. Dua lembar roti gandum (bervariasi bergantung merek) mengandung 160 kalori, 30 gr karbohidrat serta 8 gr serat. Pilihlah roti yang berlabel whole wheat atau whole grain.

Oatmeal
Oatmeal mengandung serat mudah larut yang dapat memperlambat pengosongan lambung dan membuat perut lebih kenyang. Selain itu, studi yang dipublikasikan di Journal of Obesity menyebutkan, menambahkan serat mudah larut ke dalam menu diet dapat mengurangi lemak visceral (lemak yang menyelubungi organ–organ vital) dan berkaitan dengan penyakit jantung dan diabetes. Setengah cup oatmeal mengandung 153 kalori, 27 gr karbohidrat dan 4 gr serat.

Quinoa
Quinoa yang saat ini sedang menjadi primadona di kalangan penggiat makanan sehat, mengandung 9 asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk massa otot. Selain itu, dengan mengonsumsi quinoa, Anda juga akan kenyang lebih lama sehingga membantu mengurangi porsi makan. Setengah cup quinoa yang sudah dimasak terdiri atas 111 kalori, 20 gr karbohidrat dan 2,5 gr serat.

Ubi
Salah satu jenis karbohidrat kompleks yang tinggi serat, beta karoten serta vitamin. Jika Anda penderita diabetes, ubi dapat menjadi salah satu alternatif pilihan. Apalagi ubi memiliki serat tinggi dan kadar gulanya lebih rendah dibandingkan nasi. Satu buah ubi berukuran sedang (yang sudah dimasak) terdiri atas 100 kalori dan 27 gr karbohidrat.

Pisang
Pisang merupakan salah satu buah yang tinggi kadar karbonya dan bisa diserap cepat oleh tubuh. Satu buah pisang berukuran besar mengandung 31 gr karbohidrat. Selain itu pisang juga kaya potassium (klaium) yang menjaga fungsi saraf dan otot. Anda dapat memilih pisang sebelum olahraga sebagai cadangan energi.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.