Sukses

Kembalikan Kepercayaan Diri Setelah Diselingkuhi

Menganggap perselingkuhan bisa terjadi karena kita yang tidak mampu menjadi pasangan yang baik, hanya bikin hidup kian menderita.

Liputan6.com, Jakarta Belajar mencintai diri sendiri adalah hal yang pertama kali mesti kita lakukan untuk mengembalikan rasa percaya diri setelah diselingkuhi.

Tidak usah berlama-lama menyalahkan diri sendiri. Menganggap perselingkuhan bisa terjadi karena kita yang tidak mampu menjadi pasangan yang baik hanya bikin hidup kian menderita.

Kita sebagai manusia tidak selalu bisa membahagiakan pasangan 100 persen. Membuka diri dan membagi kepada orang yang benar-benar kita percaya dapat meningkatkan harga diri setelah diselingkuhi.

Psikolog dari situs Psych Central, John M Grohol Psy D, mengatakan, apabila setelah diselingkuhi kadar kepercayaan, cinta, dan kasih sayang Anda ke pasangan berkurang, tidak lagi 100 persen seperti dahulu, itu merupakan hal yang wajar.

"Anda memiliki kebebasan untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan," katanya.

Setelahnya, katakan pada diri sendiri bahwa emosi tersebut adalah wajar karena tahu telah diselingkuhi. Kemudian, perlakukan diri sendiri dan memanjakannya dengan melakukan perawatan atau pergi ke tempat yang jauh guna mengambil waktu, menjelajahi perasaan Anda lebih jauh lagi.

"Setelah Anda mengenali diri sendiri, Anda dapat meningkatkan kepercayaan diri Anda sendiri," kata pakar hubungan Margaret Paul seperti dikutip dari situs Huffington Post, Jumat (7/4/2017)

Setelah merasa diri lebih baik, temui orang terdekat yang peduli dengan hidup Anda. Carilah dukungan dari mereka, yang membuat kepercayaan diri Anda muncul kembali. Bukan orang-orang yang justru menyalahkan, menghakimi, dan menyudutkan Anda.

Dengan begitu kepercayaan diri muncul kembali setelah diselingkuhi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.