Sukses

4 Kesalahan Umum Saat Baru Mulai Yoga

Liputan6.com, Jakarta Yoga tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga dapat berdampak positif pada kesehatan mental Anda. Namun jika Anda masih seorang pemula dalam olahraga ini, terkadang ada beberapa kesalahan umum yang tanpa disadari sering dilakukan.

Apa saja kesalahan-kesalahan tersebut?

Berikut ini adalah empat kesalahan umum yang kadang dilakukan oleh pemula yoga dan bagaimana cara memperbaikinya, seperti dliansir dari Purewow, Kamis (6/4/2017):

1. Memaksa tubuh secara berlebihan

Saat baru pertama kali mencoba pose baru yang sulit, mungkin Anda tergoda untuk memaksakan tubuh untuk melakukan pose tersebut, walaupun muncul rasa sakit. Namun sebenarnya apa yang Anda lakukan ini salah.

Yang benar, jika Anda mendapati posisi yoga yang sulit hingga muncul rasa sakit saat melakukannya, lebih baik kembali ke posisi duduk untuk merelaksasikan kembali tubuh Anda. Kemudian lakukan pose yoga yang ringan seperti child pose, dan konsultasikan hal ini pada guru Anda sesudah latihan.

2. Tidak bernafas dengan benar

Bernafas saat melakukan yoga, akan membuat serat-serat otot mendapatkan oksigen seperti yang dibutuhkan. Namun dalam hal ini, napas tersebut harus dilakukan secara benar, karena jika napas Anda terlalu pendek dan cepat, justru akan menyingkirkan rasa tenang dan damai yang seharusnya didapatkan dari latihan yoga.

3. Membandingkan diri dengan orang lain

Sebagai pemula, mungkin tanpa sadar saat mengikuti kelas yoga, Anda sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain yang berada di sebelah Anda. Padahal, apa yang Anda lakukan ini justru bisa mengganggu konsentrasi Anda pada pelatihan otot inti. Jadi lebih baik, fokuslah pada diri Anda sendiri agar latihan yang dilakukan bisa maksimal.

4. Terlalu mudah menyerah

Saat merasa sulit untuk melakukan pose yoga tertentu, terkadang hal ini bisa menyebabkan frustasi, tetapi janganlah menyerah. Karena sebenarnya, untuk bisa melakukan yoga dengan baik dan benar, membutuhkan waktu dan latihan yang berulang. (Tassa Marita Fitradayanti).

Artikel Selanjutnya
Intip Pose Yoga Super Menantang Istri Sutradara Warkop DKI Reborn
Artikel Selanjutnya
Ini 5 Tips Mencegah Cedera Akibat Split pada Cheerleaders