Sukses

4 Cara Ampuh Basmi Ketombe agar Tak Kembali

Ketombe memang menyebalkan dan mengganggu tapi mereka bukannya tidak bisa dibasmi.

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda penyuka warna hitam, memiliki kulit kepala yang berkotembe bisa jadi adalah hal terakhir yang Anda inginkan. Serpihan ketombe yang akan nampak jelas di bahu saat Anda mengenakan warna hitam memang benar-benar bikin ilfil.

Sayangnya, kondisi kepala seseorang terkadang membuatnya susah untuk lepas dari ketombe. Namun bukan berarti tidak mungkin, selama Anda tahu trik jitu membasmi jamur kulit kepala ini.

Melansir Women's Health, Kamis (6/4/2017), berikut empat cara ampuh basmi ketombe dari Diane Stevens, seorang penata rambut dari Nioxin Design Team:

1. Konsumsi vitamin

Stevens mengatakan, mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, B, dan C bisa membantu memastikan kulit kepala Anda sehat. Nutrisi-nutrisi ini vital bagi sistem sirkulasi dan pertumbuhan sel. Mereka juga bisa membantu mendukung sistem imun, yang akan memerangi ketombe.

Untuk mendapatkan seluruh vitamin tadi, Anda bisa mencoba membuat smoothies dari campuran buah aprikot, sayuran hijau, dan stroberi.

2. Bersihkan sisir dan sikat

Seperti kuas makeup yang selalu Anda basuh agar terbebas dari kuman, hal yang sama juga harus Anda lakukan pada sisir dan sikat rambut. Hal ini sangat penting untuk menghindari rambut jadi berketombe.

Cuci sisir dan sikat rambut dalam air sabun setelah membersihkannya dari sisa-sisa rambut yang tertinggal. Setelahnya, basuh menggunakan air hangat yang sudah dicampur cuka selama setengah jam. Ulangi setiap dua atau tiga minggu untuk memastikan ketombe tak kembali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Gunakan sampo yang tepat

Zinc adalah kunci untuk menjauhkan ketombe dari kepala Anda. Mineral ini memiliki kandungan antibakteri yang bisa memperlambat munculnya kerak akibat perputaran sel.

Setelah memilih sampo yang mengandung zinc, keramaslah secara teratur. "Sampo ini bia melembutkan dan melembapkan kulit kepala, sambil memastikan rambut tetap sehat dan bersinar," ujar Stevens.

4. Kenali akal rambut Anda

Ketombe itu berbeda-beda, dan Anda tidak bisa membasminya dengan cara yang sama. Stevens mengatakan ada dua tipe ketombe: pityiaris capitis simplex dan pityriasis steatoides.

Jenis pertama adalah ketombe yang lebih tipis, lebih kering dan lebih gatal. Ketombe ini biasanya disebabkan oleh stres atau faktor lain seperti pola makan buruk dan tidak bisa menjaga kebersihan tubuh.

Tipe keduaa adalah ketombe yang merupakan serpihan berminyak dan seolah dilapisi lilin yang tercampur dengan sebum dan membentuk kerak di kulit kepala. Stevens mengatakan, orang-orang dengan ketombe jenis kedua ini harus membasminya dengan bantuan dokter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.