Sukses

4 Tips Cermat Memilih Dokter Bedah Plastik

Demi hasil operasi yang sukses, Anda perlu memilih dokter bedah plastik yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Demi menambah kecantikan diri, seringkali wanita memutuskan menjalani bedah plastik. Bedah plastik dianggap efektif mendapatkan hasil yang maksimal secara instan. 

Keberhasilan bedah plastik juga didukung kemampuan dokter atau ahli bedah plastik.Untuk itu, Anda perlu memutuskan secara tepat, siapa dokter atau ahli bedah plastik yang akan menyukseskan operasi.

Dilansir dari laman Ghavami Plastic Surgeon, Kamis (6/4/2017), ahli bedah plastik terkenal di dunia, Dr Ghavami memberikan tips memilih dokter atau ahli bedah plastik yang tepat.

Sertifikasi badan usaha resmi

Pilihlah dokter bedah plastik yang punya sertifikasi badan usaha resmi. Misal, di Amerika Serikat ada American Board of Plastic Surgery (ABPS).

ABPS adalah satu-satunya sertifikasi badan usaha yang diakui American Board of Medical Specialties yang mengendalikan ahli bedah plastik.

Melalui badan sertifikasi ini dokter bedah plastik dapat dipastikan telah memiliki standar pendidikan, keamanan, pelatihan, dan pengetahuan bedah palstik yang disetujui American Board of Medical Specialties.

Dewan ahli bedah plastik bersertifikat mendapatkan gelar dari sekolah kedokteran yang terakreditasi. Mereka menyelesaikan lima sampai tujuh tahun pelatihan bedah plastik setelah menyelesaikan sekolah kedokteran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemampuan kerja dan inovatif

Kemampuan kerja dan inovatif

Saat memilih dokter plastik, selain bersertifikat, sebaiknya pilih juga dokter yang sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun menangani pasien. Hal ini dapat menunjukkan dokter bedah plastik punya kemampuan yang luar biasa dalam kerja juga inovatif.

Dr Ghavami menyarankan, saat memilih dokter bedah plastik, Anda dapat melihat proses pekerjaan calon dokter bedah Anda melalui video atau foto sebelum dan sesudah ia melakukan operasi.

Foto-foto yang ada bukan memperlihatkan keberhasilan operasi melalui foto pasien, melainkan bagaimana kinerja dokter di meja operasi dan proses kerjanya mencapai hasil akhir yang diinginkan.

Foto pasien tepat setelah operasi bukan gambaran akurat karena banyak pasien mengalami pembengkakan dan memar setelah operasi. Ini adalah hal yang normal.

Dibutuhkan berbulan-bulan dan sampai satu tahun untuk melihat hasil serta menilai keterampilan dokter bedah tersebut.

3 dari 4 halaman

Sosok pemimpin yang dihormati

Sosok pemimpin yang dihormati

Ketika memilih seorang dokter bedah plastik, Anda bisa saja ingin seseorang yang dikenal sebagai pemimpin dalam industri bedak plastik.

Dokter bedah plastik yang tepat adalah dokter yang secara rutin diundang pada konferensi operasi plastik bergengsi di seluruh dunia.

Biasanya mereka juga telah membuat banyak kontribusi secara akademik.

4 dari 4 halaman

Jalinan hubungan

Hubungan baik antara dokter bedah plastik dan pasien

Seluruh pengalaman dan kualifikasi tidak berarti apa-apa bila hubungan yang baik hilang antara pasien dan dokter bedah plastik.

Operasi plastik termasuk operasi yang sangat pribadi dan emosional.Kesukesan tergantung pada komunikasi yang baik antara pasien dan dokter bedah.

Seorang dokter bedah plastik akan selalu melakukan yang terbaik agar membuat pasien santai dan berupaya mencapai hasil yang pasien inginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.