Sukses

Benarkah Alergi Telur Bisa Hilang Jika Sering Dimakan?

Liputan6.com, Jakarta Tidak benar bila anak alergi telur atau makanan lain bisa 'sembuh' dengan diberikan makanan tersebut sedikit demi sedikit.

"Tatalaksana untuk anak alergi adalah avoidance (menghindari) alergen atau makanan atau hal yang memicu alergi. Itu adalah golden standard," kata konsultan alergi dan imunologi anak dari RS Hasan Sadikin Bandung, Budi Setiabudiawan dalam kampanye Bunda Tanggap Alergi dengan 3K.

Dengan tegas dokter Budi menjelaskan, bila anak alergi dengan telur atau udang, ya jangan diberikan makanan tersebut. Bisa saja menimbulkan masalah pada saluran pernapasan, saluran pencernaan, dan kulit.

"Namun pastikan benar ya, bahwa anak tersebut memang alergi udang atau telur. Jangan sampai dilarang mengonsumsi makanan tersebut, padahal alerginya yang lain," pesan dokter berkacamata ini di Jakarta pada Rabu (5/4/2017).

Untuk memastikan benar tidaknya alergi bisa dengan memeriksakan diri ke dokter. Lalu dilakukan eliminasi provokasi untuk membantu diagnosa bahwa anak alergi terhadap sesuatu.

"Saya memiliki pasien yang orangtuanya mengira anak tersebut alergi ikan, karena habis makan kulitnya merah, lalu tidak lama dikira alergi telur, karena kulitnya merah lagi. Setelah konsultasi, rupanya bukan alergi makanan tapi alergi tungau yang ada di karpet rumahnya," cerita dokter Budi.

Artikel Selanjutnya
Variasi Makanan Sehat untuk Tangkal Migrain
Artikel Selanjutnya
Usus Bermasalah? Atasi dengan 4 Cara Ini